Menkominfo Minta UMKM Lebih Kompetitif di Lokapasar Digital - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Menkominfo Minta UMKM Lebih Kompetitif di Lokapasar Digital

Atta Kharisma - detikInet
Senin, 04 Apr 2022 21:18 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Pemerintah telah memberi perhatian yang besar agar 64,2 juta UMKM Indonesia bisa Go Digital. Upaya itu, lanjut Johnny, dilatari potensi ekonomi digital Indonesia yang besar.

"Bahkan, pemerintah telah menargetkan agar pada tahun 2024 mendatang, jumlah pelaku UMKM yang tergabung ke dalam ekosistem digital dapat meningkat hingga 30 juta melalui Program Nasional Gerakan Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI)," jelasnya.

Selain memfasilitasi pelaku UMKM dengan pelatihan, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga mempercepat pembangunan infrastruktur digital untuk mendukung produktivitas UMKM.

"Peran yang diharapkan dari Kementerian Kominfo juga berkaitan dengan kebijakan tata kelola data dan perlindungan data pribadi, literasi digital terkait keamanan bertransaksi, dan kebijakan lainnya," pungkas Johnny.

Sebagai informasi, Forum Ekonomi Digital Kominfo merupakan inisiatif Kementerian Kominfo yang mempertemukan pelaku ekosistem digital Indonesia. Melalui forum yang berlangsung setiap tiga bulan sekali itu, Johnny berdiskusi dan mendapatkan masukan dari pemangku kepentingan ekonomi digital nasional terkait isu mutakhir yang perlu mendapat perhatian pemerintah.

Mengambil tema Platform Digital Marketplace, FEDK IV ini turut dihadiri secara virtual oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Sementara, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Wakil Menteri Perdagangan Indonesia Jerry Sambuaga hadir langsung bersama Menkominfo.

Hadir pula Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan, Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf Selliane Halia Ishak, Deputi Bidang Kewirausahaan KemenkopUKM Siti Azizah, Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha KemenkopUKM Cristina Agustin, serta Ketua idEA Bima Laga.

Sedangkan, Menkominfo Johnny didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, dan Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika I Nyoman Adhiarna.



Simak Video "Jokowi: 17,5 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital, Jumlah Ini Belum Cukup"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT