Genjot Ekosistem Digital, Shopee Resmikan Kampus UMKM di Kaltim

Genjot Ekosistem Digital, Shopee Resmikan Kampus UMKM di Kaltim

Dea Duta Aulia - detikInet
Senin, 28 Mar 2022 18:02 WIB
Shopee bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur meresmikan Kampus UMKM Shopee pertama di Kalimantan Timur sekaligus ke-7 di Indonesia.
Foto: Dok. Shopee
Jakarta -

Shopee bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur meresmikan Kampus UMKM Shopee pertama di Kalimantan Timur sekaligus ke-7 di Indonesia. Kehadiran kampus tersebut bertujuan untuk mendorong agar pelaku UMKM khususnya di Kalimantan Timur mempercepat proses digitalisasi guna memperluas pasar produk lokal mereka.

"Kampus UMKM Shopee Kalimantan Timur hadir sebagai kelanjutan komitmen kami untuk membawa lebih banyak UMKM lokal bisa naik kelas melalui adopsi teknologi dalam ekosistem pasar digital," ujar Head of Public Policy Shopee Indonesia Radityo Triatmojo dalam keterangan tertulis, Senin (28/3/2022).

Ia menjelaskan keputusan Shopee untuk membuka Kampus UMKM tidak terlepas dari potensi yang dimiliki oleh Kalimantan Timur. Apalagi terkait rencana pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) membuat kawasan tersebut perlu didorong agar pelaku UMKM-nya mampu memaksimalkan berbagai potensi yang ada salah satunya melalui digitalisasi.

Adapun potensi Kalimantan Timur untuk menjadi kawasan yang berkembang tidak hanya itu saja. Jika mengacu data Badan Pusat Statistik Kalimantan Timur, peningkatan kapasitas UMKM akan berperan penting terhadap pertumbuhan ekonomi di Kaltim. Bahkan pertumbuhan ekonomi Kaltim tembus sampai 2,48% di 2021. Angka tersebut membuat Kaltim menjadi provinsi dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di Pulau Kalimantan.

"Kami berharap kampus ini juga bisa menjadi one-stop service agar para pelaku UMKM Kalimantan Timur bisa lebih memahami dan merasakan manfaat dari digitalisasi untuk mengembangkan bisnis mereka secara optimal," tambah Rudityo.

Radityo menjelaskan nantinya Kampus UMKM Shopee Kalimantan Timur akan fokus pada tiga aspek yakni edukasi, pendampingan bisnis, dan fasilitas penunjang UMKM. Untuk edukasi, pelaku UMKM bisa mengikuti sejumlah kelas yang diberikan oleh Shopee. Adapun materi yang akan diterima oleh para UMKM seperti pembuatan toko di Shopee, pengaturan pengiriman, pengelolaan seller center, pengembangan usaha, memaksimalkan pemasaran, dan pengenalan fitur penunjang bisnis di aplikasi.

Sementara itu untuk pendampingan, para pelaku UMKM akan mendapatkan pelatihan berupa pengelolaan administrasi dan operasional toko. Para pelaku UMKM turut diajarkan untuk melakukan pembukuan toko yang baik dan benar.

Terakhir, Shopee menyediakan fasilitas berupa studio foto, live streaming, ruang pelatihan, rapat, sistem gudang, dan area pameran.

"Peningkatan keterampilan digital menjadi prioritas utama dalam upaya digitalisasi bagi UMKM lokal. Kami berharap, kampus ini bisa mendukung perluasan jangkauan bisnis UMKM, serta turut mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional melalui pelatihan untuk bisa masuk ekosistem digital yang kami berikan," jelas Radityo.

Bersambung ke halaman selanjutnya. Langsung klik