Akun TikTok Deepfake Putin Jadi Viral Saat Invasi ke Ukraina

ADVERTISEMENT

Akun TikTok Deepfake Putin Jadi Viral Saat Invasi ke Ukraina

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 25 Feb 2022 18:42 WIB
Donald Trump Mengundang Vladimir Putin ke Amerika Serikat
Akun Deepfake Putin Jadi Viral Saat Invasi ke Ukraina (Foto: Australia Plus ABC)
Jakarta -

Setelah pernyataan perang Rusia ke Ukraina, akun TikTok berisikan video deepfake Presiden Rusia Vladimir Putin langsung viral. Padahal, Putin tidak memiliki akun TikTok resmi, begitu juga untuk akun TikTok pemerintahan Rusia.

Nah, TikTok dengan akun @1facerussia menjadi terkenal dengan lebih dari 10 juta pengikut. Video yang dibagikan bermacam-macam, bahkan Putin dibuat untuk mengikuti tren yang sedang digandrungi para remaja seperti remake foto lama.

Tertulis di bio akun TikTok tersebut 'Unreal Putin. Just fun', yang menguatkan bahwa ini sekadar akun palsu dan video palsu Putin.

Namun, banyak netizen yang ternyata tertarik dengan konten ini. Terlihat dari jumlah penonton yang mencapai jutaan dan beribu-ribu komentar yang datang.

@detikinet Source @1facerussia #Putin #putinmeme #russiantiktok #russiaukraine #russiaukraineconflict #memestiktok #russiamemes #russiaukrainewar #detikinet ♬ original sound - detikINET

"Segabut inikah presiden?" tulis salah seorang netizen yang tidak tahu kalau ini adalah video palsu dengan teknologi deepfake.

"Ini terasa ilegal untuk disaksikan," komentar yang lain melihat video deepfake ini.

"Bagaimana mungkin ini (video) nyata?" ungkap yang lain. Ya tentu saja tidak nyata, karena ini akun deepfake.

Salah satu video terpopuler akun ini adalah di mana Putin dan Joe Biden palsu dengan teknologi deepfake yang terlihat memotong semangka dengan ukiran indah. Video ini ditonton hingga 119 juta kali lebih.

TikTok untuk berpolitik bukanlah hal yang baru. Senator Minnesota terdahulu Ed Markey memakai TikTok dan memiliki 37 ribu followers. Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga memiliki akun TikTok dan terlihat aktif dengan 677 ribu pengikut.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Antusias Warga Mengikuti Referendum untuk Bergabung Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT