Ukraina Diserang Rusia, Koneksi Internet Hilang

ADVERTISEMENT

Ukraina Diserang Rusia, Koneksi Internet Hilang

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 24 Feb 2022 20:29 WIB
Rusia telah melakukan serangan rudal terhadap infrastruktur Ukraina. Ini dia penampakan sisa-sisa rudal yang hantam Ukraina.
Penampakan Rudal Rusia yang Hantam Ukraina. Foto: Reuters/Valentyn Ogirenko
Jakarta -

Meski ditentang banyak negara, Rusia akhirnya benar-benar menyerang Ukraina. Kondisi internet di Ukraina bagaimana, ya?

Sejauh ini tak banyak informasi mengenai kondisi infrastruktur di Ukraina setelah Presiden Rusia Vladimir Putin melancarkan invasi skala penuh ke Ukraina. Namun ada NetBlocks, pemantau jaringan internet global, yang menyebarkan sedikit informasi soal itu.

Dalam laporannya, NetBlocks menyatakan adanya gangguan internet yang signifikan di Kota Kharkiv, Ukraina, tak lama setelah terjadi ledakan besar muncul di kota tersebut. Para pengguna melaporkan kehilangan layanan internet kabel dari ISP Triolan.

Data jaringan pun menunjukkan hilangnya koneksi dari jaringan Triolan, yang sejalan dengan laporan para pengguna yang menyebutkan layanan internet kabelnya mati. Meski begitu, jaringan telepon seluler menurut NetBlocks masih bisa beroperasi.

Sebagai informasi, Kharkiv yang jaraknya 40 km dari perbatasan Ukraina dengan Rusia, adalah salah satu kota pertama yang diinvasi oleh tentara Rusia. Serangan itu menargetkan unit perbatasan, patroli perbatasan dan pos pemeriksaan menggunakan artileri, alat berat dan senjata ringan.

Aksi Presiden Putin yang menyerang Ukraina ini membuatnya dikecam netizen. Pada Kamis (24/2) siang, terpantau ada 1,52 juta tweet yang menyebutkan kata Putin. Sementara kata Ukraine ada 1,87 juta tweet.

Ada banyak tweet kecaman dari para tokoh dunia khususnya Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Hal itu terutama reaksi atas pidato Presiden Rusia Vladimir Putin yang mengumumkan invasi ke Ukraina.

Tweet Presiden AS Joe Biden dan dari PBB yang mengecam Putin, jadi kicauan yang banyak mendapat reaksi orang-orang.

Sementara itu, reaksi netizen beragam. Mereka geram, prihatin, khawatir dan bersimpati. Banyak yang membagikan video terkini situasi di Ukraina.

[Gambas:Youtube]

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.

Simak juga 'Pasar Saham Asia Anjlok Imbas Serangan Rusia ke Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]



(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT