4 Fakta Boneka Arwah atau Spirit Doll yang Lagi Viral

4 Fakta Boneka Arwah atau Spirit Doll yang Lagi Viral

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 06 Jan 2022 05:44 WIB
Scary antique doll and puppets in flea market
4 Fakta Boneka Arwah atau Spirit Doll yang Lagi Viral. Foto: Getty Images/iStockphoto/ilbusca
Jakarta -

Boneka arwah atau spirit doll sedang viral belakangan ini. Sejumlah artis tanah air juga memiliki boneka arwah yang disebut-sebut bisa mendatangkan hoki -- meskipun pro dan kontra langsung menyerbu di kalangan netizen.

Harga spirit doll pun tidak lah murah, harganya mencapai jutaan dan biasanya seorang kolektor tidak hanya memiliki satu boneka arwah. Dirangkum detikINET, Kamis (6/1/2022) berikut ini adalah fakta terkait spirit doll:

1. Sejarah Spirit Doll

Spirit doll sudah ada sejak zaman dulu dan banyak bentuknya. Ada yang berupa patung, boneka, dan voodoo. Di Roma, boneka dulunya kerap dipakai untuk ritual magis guna terhubung dengan dewa atau dewi. Begitu juga di Mesir era dulu, boneka dipakai untuk pelepasan spiritual atau upacara keagamaan.

2. Dijual di e-commerce

Dari film yang melibatkan boneka seperti Annabelle, semakin banyak minat terkait boneka arwah. Spirit doll akhirnya mulai dijual pengguna secara anonim di situs seperti Etsy, eBay, dan Amazon. Biasanya, akan dijelaskan sejarah dari boneka tersebut.

3. Dipakai untuk self-healing

Di tahun 2006, Barb Kobe yang merupakan seorang seniman, membuat sebuah kelas yang mengajak orang untuk membuat boneka. Menurutnya, ini dapat membantu seseorang untuk sembuh secara fisik dan mental. Kelasnya membuat pesertanya membuat empat boneka obat yang berbeda.

4. Pernah viral di Thailand

Sebelum di Indonesia, spirit doll pernah viral di Thailand dengan keyakinan membawa keberuntungan. Di Thailand pun, orang-orang memanjakan dan memperlakukan boneka arwah dengan baik.

Biasanya, boneka arwah akan dibawa ke seorang biksu untuk didoakan dan melakukan upacara. Ritual tersebut dipercaya sebagai usaha menghidupkan boneka atau mengisi boneka tersebut dengan roh.



Simak Video "Pendongeng Boneka Sebut Banyak Anak yang Takut dengan Boneka Arwah"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)