Teknologi untuk Deteksi Boneka Arwah Ada Makhluk Halusnya

Teknologi untuk Deteksi Boneka Arwah Ada Makhluk Halusnya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 04 Jan 2022 12:11 WIB
spooky vintage dolls at a flea market in vienna
Ilustrasi boneka arwah (Foto: Getty Images/iStockphoto/altmodern)
Jakarta -

Boneka Arwah atau Spirit Doll populer di kalangan selebriti seperti Ivan Gunawan dan Ruben Onsu. Igun bahkan membuatkan akun Instagram khusus untuk bayinya, Miracle 'Eqqel' Putra Gunawan dan Marvelous 'Marvel' Putra Gunawan.

Pertanyaannya, adakah alat untuk mendeteksi Spirit Doll yang sudah terisi atau belum?

Menarik untuk diketahui bahwa ada yang dinamakan electromagnetic field (EMF) dan bisa digunakan untuk pemburu hantu atau makhluk tak kasat mata lainnya. Tech Manager dari Richmond Investigators of the Paranormal (RIP) Chris Williams mengatakan timnya biasanya juga memakai thermogun untuk mengetahui suhu -- dingin diartikan dengan kehadiran makhluk halus.

Ada juga night-vision camera, surveillance device, dan juga motion detectors. Jangan ketinggalan walkie-talkie. Sebagai tambahan, ada alat yang tidak berbau teknologi yang sebaiknya dibawa menurut mereka.

"Aku lebih senang semuanya memiliki satu botol entah air suci atau salep suci, aku tidak pernah memakainya dan aku harap tidak akan," katanya.

Di lain pihak, ada yang skeptis dengan pemakaian teknologi untuk mendeteksi keberadaan arwah dan makhluk tak kasat mata. Loyd Auerbach seorang profesor di program parapsikologi di Atlantic University, Virginia Beach, berpikir seseorang dengan kemampuan psikis lebih cocok untuk berburu hantu daripada seseorang dengan banyak gadget. Namun, Auerbach mengatakan teknologi dapat memberikan beberapa petunjuk.

Joe Nickell, seorang rekan senior di Center for Inquiry, sebuah organisasi penelitian independen juga punya pendapat hampir mirip. Tugas Nickell adalah membuat pengertian ilmiah dari apa yang dia lihat dalam penyelidikan paranormal.

Dia menemukan fenomena alam untuk menjelaskan semua bukti yang telah ditunjukkan oleh pemburu hantu kepadanya di berbagai perangkat mereka. Nickell mengatakan pembacaan EMF tinggi yang menurut para penyelidik berasal dari kucing berisi hantu sangat mencurigakan.

"Mereka terkejut bahwa mereka mendapatkan hasil di sebuah rumah tua, padahal sebenarnya ada segala macam sumber non-hantu seperti kabel yang salah, menara microwave terdekat, aktivitas bintik matahari dan sebagainya. Bahkan peralatan elektronik - walkie -talkie dan kamera TV dan semua gadget elektronik lainnya yang mereka bawa - memiliki medan elektromagnetik," jelasnya.

Tapi tidak semua orang membutuhkan bukti ilmiah. Sebuah jajak pendapat Gallup dari beberapa tahun lalu menemukan bahwa sepertiga orang Amerika percaya pada hantu. Kalau kamu bagaimana detikers, percaya dengan keberadaan makhluk gaib yang masuk di dalam benda lain seperti Boneka Arwah alias Spirit Doll?



Simak Video "Pendongeng Boneka Sebut Banyak Anak yang Takut dengan Boneka Arwah"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)