Jepang Bikin TV yang Bisa Dijilat untuk Cicip Rasa Makanan

Jepang Bikin TV yang Bisa Dijilat untuk Cicip Rasa Makanan

ADVERTISEMENT

Jepang Bikin TV yang Bisa Dijilat untuk Cicip Rasa Makanan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 26 Des 2021 07:38 WIB
Taste-the-TV
Ilmuwan Jepang Bikin TV yang Bisa Dijilat untuk Cicip Rasa Makanan Foto: Meiji University
Jakarta -

Siapa yang pernah ingin menjilat layar televisi atau ponsel saat melihat makanan enak? Mimpi tersebut selangkah lagi akan jadi kenyataan karena seorang ilmuwan asal Jepang sudah menciptakan prototipe layar TV yang bisa dijilat untuk mencicipi makanan.

TV unik tersebut diberi nama 'Taste-the-TV' atau TTTV dan diciptakan oleh profesor Homei Miyashita dari Meiji University. Ia mengatakan tujuan dibuatnya layar TV ini adalah untuk membantu pengguna tetap terhubung dengan dunia luar, bahkan dari rumahnya sendiri.

"Tujuannya adalah untuk memungkinkan orang-orang mendapatkan pengalaman seperti makan di restoran di belahan dunia lain, bahkan saat tinggal di rumah," kata Miyashita kepada Reuters, seperti dikutip dari BBC, Minggu (26/12/2021).

TTTV dilengkapi dengan carousel yang terdiri dari 10 kaleng berisi perasa yang bisa disemprotkan untuk menciptakan rasa makanan tertentu. Sampel rasa makanan itu kemudian disemprotkan ke lapisan film atau ke nampan sekali pakai.

Lapisan itu kemudian digulirkan ke depan layar TV sehingga pengguna bisa menjilat rasa makanan yang diciptakan. Setelah selesai, lapisan plastik itu ditarik untuk kemudian dibuang.

Seorang mahasiswa sempat mendemonstrasikan TV unik ini. Ia meminta TTTV untuk membuat 'coklat manis' dan setelah beberapa percobaan pesanannya langsung disemprotkan ke lapisan film plastik.

"Rasanya seperti coklat susu," kata mahasiswa tersebut.

Miyashita mengatakan TV ini bisa digunakan untuk banyak hal seperti melatih koki atau sommelier dari jarak jauh. Ia juga sedang mendekati beberapa perusahaan untuk mengembangkan metode penerapan lainnya, seperti menambahkan rasa ke roti bakar.

Miyashita juga membayangkan akan ada 'konten rasa' dari restoran di seluruh dunia yang bisa diunduh pengguna untuk mencicipi makanan secara virtual. Jika TTTV dijual secara komersial, Miyashita mengatakan produk ini kemungkinan akan dibanderol dengan harga 100.000 Yen atau sekitar Rp 12,4 juta.

[Gambas:Youtube]






Simak Video "Sejarah Siaran TV Analog hingga Digantikan TV Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT