Startup RI-Australia Lahirkan Inovasi Digital Atasi Persoalan Kota

Startup RI-Australia Lahirkan Inovasi Digital Atasi Persoalan Kota

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 20 Des 2021 14:29 WIB
Startup
Startup RI-Australia Lahirkan Inovasi Digital Atasi Persoalan Kota. Foto: Deakin Spark
Jakarta -

Startup asal Indonesia dan Australia saling berkolaborasi menciptakan inovasi digital isu sosial di masing-masing negara. Siapa saja mereka?

Startup yang dimaksud, yaitu PoreBlock asla Bandung, yang melakukan terobosan industri bahan bangunan, terutama dalam hal paving block berpori untuk mengurangi resiko banjir. Kemudian Culture Academy dari Bandung juga sebagai platform pemberdayaan keterampilan bagi UMKM di Indonesia.

Adapun, dua startup lainnya berasal dari Melbourne, Australia, yakni MUVi yang bergerak pada riset media dan kesehatan publik dan POPS4Public yang menyediakan akses kepada pengguna terhadap ruang publik milik privat.

Deakin University dari Australia, melalui program kewirausahaan Spark Deakin, kolaborasi dengan Kota Bandung dan Melbourne untuk mengajak para wirausaha dalam menggagas inovasi digital yang dapat mengatasi isu-isu sosial di kedua kota tersebut.

Untuk menghubungkan kedua kota ini, begitu juga startupnya, dilakukan melalui program Melbourne-Bandung Innovation Series dalam mewujudkan solusi digital yang bisa menanggulangi dampak dari pandemi COVID-19 secara efektif.

"Program ini dirancang dengan tujuan mendorong pengembangan pola pikir global, meningkatkan pemahaman peserta tentang ekosistem startup, serta memungkinkan mereka untuk menangkap peluang dan membangun bisnis pengetahuan dalam berinovasi dan beradaptasi dengan konteks pasar yang berbeda-beda," tutur Spark Deakin Founder & Program Sponsor, Svetha Venkatesh dalam keterangan tertulisnya.

Kompetisi Spark Deakin ini akan berjalan setiap tiga bulan dalam periode satu tahun. Dewan juri berasal dari para ahli dan praktisi yang berbasis di Melbourne atau Bandung, yang terhubung dengan ekosistem startup, ekonomi, dan inovasi digital, serta kemitraan ekonomi Australia-Indonesia.

Untuk meningkatkan networking dan komunikasi peserta agar terus berlanjut dalam dan di luar sesi, Deakin University akan meluncurkan portal kolaborasi bisnis khusus yang dapat diikuti oleh setiap peserta, sehingga mereka dapat terus melanjutkan koneksi, kolaborasi, dan saling berbagi pengetahuan.



Simak Video "Jerman Lirik Indonesia untuk Kerja Sama Bangun Startup"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)