Piala Euro hingga BTS Meal Banyak Di-Google Netizen Sepanjang 2021

Year In Review 2021

Piala Euro hingga BTS Meal Banyak Di-Google Netizen Sepanjang 2021

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 08 Des 2021 14:49 WIB
Sydney, Australia - October 28, 2011: Female hand holding an ipad showing Google. She is touching the screen. There is coffee on the dining table in the background.  This image shows the ipad being used in a casual environment.
Piala Euro hingga BTS Meal Banyak Di-Google Netizen Sepanjang 2021 Foto: Getty Images/courtneyk
Jakarta -

Menjelang akhir tahun, Google mengungkap kata kunci apa yang paling banyak dicari netizen Indonesia sepanjang tahun 2021. Topik seputar COVID-19 dan event besar yang menghebohkan masih menguasai Google Year in Search 2021.

Communications Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan mengatakan daftar Year in Search 2021 merangkum topik yang penelusurannya meningkat dan paling tinggi dalam periode berkelanjutan selama satu tahun. Daftar ini tidak disusun berdasarkan popularitas penelusuran.

"Jadi bukan hanya satu spike terus kita ambil, tapi ini harus trending sepanjang tahun dibandingkan tahun sebelumnya," kata Feliciana dalam media briefing virtual, Rabu (8/12/2021).

Dalam daftar Year in Search 2021, Google membagi topik yang banyak dicari ke dalam sembilan kategori yaitu Overall Trending, Apa Itu, Siapa, Bagaimana Cara, Peristiwa Nasional, Resep, Lagu, Film/Series, dan COVID-19.

Untuk kategori Overall Trending diisi oleh beberapa event besar seperti Piala Euro dan Olimpiade Tokyo. Selain itu topik seputar COVID-19 juga menguasai daftar ini, seperti kata kunci Vaksin COVID-19, Pencegahan COVID-19, dan Peduli Lindungi.

Menariknya, salah satu topik teratas di kategori ini adalah BTS Meal. Menu kolaborasi antara McDonalds dengan boyband BTS ini memang menggemparkan jagad internet, mulai dari antreannya yang menyebabkan beberapa restoran ditutup sementara, sampai menu yang dijual lagi di e-commerce dengan harga selangit.

"Ini bervariasi banget nggak cuma dari makanan pas peluncurannya tapi juga pas announcement-nya dan juga variasi ketika makanannya dijadikan apapun kreativitas masyarakat Indonesia, atau bahkan bungkusnya juga dijadikan hal yang kreatif hingga ramai dibicarakan oleh netizen," kata Feliciana.

Google juga menghadirkan kategori khusus untuk COVID-19 di Year in Search 2021. Feliciana mengatakan daftar ini dimasukkan karena masih dalam momen pandemi dan menunjukkan bagaimana netizen memanfaatkan Google untuk bisa pulih dan menjaga diri dari COVID-19.

Berikut daftar lengkap 10 topik yang banyak dicari di kategori Overall Trending dan COVID-19 di Google Year in Search 2021:

Overall Trending

- Piala Euro
- Olimpiade Tokyo
- BTS Meal
- Vaksin COVID-19
- Pencegahan COVID-19
- Peduli Lindungi
- PPKM Diperpanjang
- BPJS Ketenagakerjaan
- Prakerja.go.id
- Google Translate

COVID-19

- Cara meningkatkan saturasi oksigen
- Cara menyembuhkan COVID
- Cara mengembalikan indera penciuman
- Apa itu anosmia
- Cara membaca oximeter
- Apa itu Endemi
- Tes Genose dimana
- Cara membuat konektor masker
- Cara cek sertifikat vaksin
- Siapa saja yang tidak boleh divaksin



Simak Video "Paling Dicari Orang Indonesia di Google 2021: Piala Euro hingga BTS Meal"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)