Perusahaan Orang Terkaya Serang Balik Elon Musk

Perusahaan Orang Terkaya Serang Balik Elon Musk

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 04 Okt 2021 08:50 WIB
Elon Musk vs Jeff Bezos
Dituding Hobi Nuntut, Perusahaan Jeff Bezos Serang Balik Elon Musk Foto: Dok. Detik
Jakarta -

Elon Musk belum lama ini mengkritik Jeff Bezos dan perusahaannya karena dianggap menggunakan gugatan hukum untuk memperlambat progres SpaceX. Kini giliran Amazon, salah satu perusahaan milik Bezos, yang menyerang balik Musk dan SpaceX.

Tidak lama setelah Musk mengomentari aksi Bezos, Amazon mengirimkan dokumen kepada The Verge yang berisi daftar gugatan, petisi pemerintah, dan tindakan hukum lainnya yang diambil SpaceX dalam beberapa tahun terakhir untuk membuktikan bahwa Musk juga sering melayangkan gugatan hukum untuk mendapatkan apa yang dia inginkan.

Amazon mungkin lebih dikenal publik sebagai raksasa toko online. Tapi mereka juga bersaing secara langsung dengan SpaceX lewat bisnis satelit internetnya yang bernama Project Kuiper.

Dalam dokumen sepanjang 13 halaman tersebut, Amazon mengungkap sejumlah gugatan hukum yang dilayangkan oleh SpaceX. Beberapa di antaranya bahkan ada yang dari tahun 2004, saat Musk baru mulai membangun SpaceX.

Tapi dokumen tersebut juga berisi tindakan yang sifatnya prosedural, seperti saat SpaceX melayangkan opininya tentang bagaimana pemerintah Amerika Serikat mengalokasikan pita spektrum tertentu untuk komunikasi satelit.

Secara keseluruhan, dokumen itu berisi 39 tindakan hukum yang dibagi ke dalam tiga kategori yaitu litigasi, protes kepada Government Accountability Office, dan oposisi yang dilayangkan kepada Federal Communications Commission.

"Kami setuju sepenuhnya dengan Amazon," kata juru bicara Blue Origin yang merupakan perusahaan antariksa milik Bezos, seperti dikutip dari The Verge, Minggu (3/10/2021).

"SpaceX menyadari, setelah mendapatkan manfaat dari protes dan pengajuan gugatan terhadap NASA dan Angkatan Udara AS, bahwa tindakan seperti itu adalah praktek umum dalam proses pengadaan di pemerintah," sambungnya.

Tidak lama setelah Amazon membagikan dokumennya, Musk langsung merespon lewat Twitter. "SpaceX menggugat agar *diizinkan* untuk bersaing, BO (Blue Origin-red) menggugat untuk menghentikan kompetisi," kata Musk dalam cuitannya.

Langkah Amazon menerbitkan dokumen ini cukup mengherankan, mengingat perusahaan yang awalnya disindir oleh Musk adalah Blue Origin. Saat berbicara di Code Conference 2021 beberapa hari yang lalu, Musk menyindir Blue Origin dan Bezos yang menggugat NASA karena tidak terima gagal mendapatkan kontrak membangun wahana pendarat ke Bulan.

"Gugatan hukum tidak bisa membawamu ke Bulan, tidak peduli seberapa bagus pengacaramu," kata Musk saat itu.



Simak Video "Imbas Beri Kontrak ke SpaceX Elon Musk, NASA Digugat Jeff Bezos"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)