Heboh Medsos Fan Base BTS-Blackpink di China Kena Bredel - Halaman 2

Round Up

Heboh Medsos Fan Base BTS-Blackpink di China Kena Bredel

Tim - detikInet
Rabu, 08 Sep 2021 06:14 WIB
kostum konser bts
Balada K-Pop di China Kena Bredel (Foto: Istimewa)

3. Aturan ngeri-ngeri sedap badan siber China

Sepak terjang China memberangus dunia hiburan ini rupanya adalah arahan langsung dari Badan Cyberspace China (Cyberspace Administration of China / CAC). Ada aturan baru sejak 27 Agustus 2021.

Aturan itu bertajuk Notice on Further Strengthening the Control of Chaos in the "Rice Circle". Isinya adalah 10 aturan untuk menertibkan internet di China terkait dengan dunia hiburan.

Aturan itu isinya adalah membatalkan daftar ranking artis, optimasi dan penyesuaian aturan ranking, mengatur manajemen artis dengan ketat dan standardisasi akun grup fans. Selain itu ada larangan perilaku negatif fans, membersihkan grup fans ilegal dan tidak boleh mendorong konsumerisme

Aturan badan siber China juga meminta acara kontes online diperketat, melarang keras anak kecil terlibat, dan mengatur kegiatan galang dana fans.

4. Sebanyak 21 Akun fan base K-Pop diberangus

Selebriti pria diminta tampil jantan dan aturan diperketat untuk internet dunia hiburan, kemanakah ini ujungnya? Medsos Fan base K-Pop.

Aturan badan siber ini pun diterapkan. Hasilnya, Weibo mengumumkan telah menangguhkan 21 akun fan base K-Pop. Yang kena penangguhan selama 30 hari adalah akun fans Blackpink, BTS, EXO sampai IU.

Alasan penangguhan menurut Weibo adalah perilaku mengejar idola yang tidak rasional. Para fans awalnya tahu ketika akun fans Jimin BTS kena penangguhan.

"Akun ini untuk sementara dilarang mengunggah karena melanggar peraturan komunitas Weibo," begitu keterangannya.

Weibo mengatakan menentang perilaku mengejar idola yang tidak rasional. Weibo juga mengatakan komitmen mempromosikan kegiatan yang rasional dan mengatur ketertiban di masyarakat.

Kejadian apalagi yang kira-kira akan muncul? Dunia pun tampaknya menunggu. Yang jelas, aksi pemerintah China bersih-bersih internet seputar dunia hiburan yang dinilai tidak sesuai dengan nilai China, masih jauh dari selesai.

(fay/afr)