China Sikat Akun Medsos Fans K-Pop Termasuk BTS

China Sikat Akun Medsos Fans K-Pop Termasuk BTS

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 07 Sep 2021 11:19 WIB
Jakarta -

Pemerintah China lanjut bersih-bersih dunia maya. Usai selebriti, kini mereka mengincar fans K-Pop di Negeri Tirai Bambu.

Diberitakan CNN Business seperti dilihat Selasa (7/9/2021) Weibo mengumumkan telah menangguhkan 21 akun fan base K-Pop. Yang kena penangguhan selama 30 hari adalah akun fans Blackpink, BTS, EXO sampai IU.

Alasan penangguhan menurut Weibo adalah perilaku mengejar idola yang tidak rasional. Para fans awalnya tahu ketika akun fans Jimin BTS kena penangguhan.

"Akun ini untuk sementara dilarang mengunggah karena melanggar peraturan komunitas Weibo," begitu keterangannya.

Weibo mengatakan menentang perilaku mengejar idola yang tidak rasional. Weibo juga mengatakan komitmen mempromosikan kegiatan yang rasional dan mengatur ketertiban di masyarakat.

Pemberangusan akun medsos fan base K-Pop menjadi babak baru dari aksi Pemerintah China membersihkan dunia maya dari industri hiburan dan teknologi yang dinilai 'kurang' China. Sebelumnya, aktris Vicky Zhao 'lenyap' dari internet di China. Vicky Zhao hilang dari semua layanan streaming China seperti Tencent Video, iQIYI dan Youku.

Media pemerintah China, Global Times, menyebut bahwa Zhao banyak punya skandal. Misalnya, ia digugat dalam masalah bisnis investasi, termasuk kepemilikan saham di Alibaba Pictures Group yang dimiliki Alibaba, perusahaan Jack Ma.

Ada juga yang menilai Presiden China Xi Jinping tidak senang dengan pemujaan berlebihan pada selebriti dan ketenaran mereka di media sosial karena dianggap tidak sesuai dengan karakter China.

Tingginya gaji pesohor dinilai pertanda jelas kesenjangan ekonomi. Dari perspektif ideologi, Partai Komunis China ingin agar para seleb menjadi panutan untuk membantu mempromosikan nilai-nilai patriotisme dan cinta pemerintah.

(fay/fyk)