10 Aturan Ngeri-ngeri Sedap Badan Siber China, K-Pop Disikat!

10 Aturan Ngeri-ngeri Sedap Badan Siber China, K-Pop Disikat!

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 07 Sep 2021 18:45 WIB
Grup Kpop baru YG Entertainment
Aturan badan siber China keras terhadap fan base K-Pop termasuk fans Blackpink (Foto: YG Entertainment)
Jakarta -

21 Akun fan base K-Pop di China kena penangguhan. Sebelumnya Vicky Zhao lenyap dari internet. Semua berawal dari aturan keras Badan Siber China.

Segala kehebohan bersih-bersih internet di China terkait dunia hiburan dan teknologi, menjadi perbincangan di dalam dan luar negeri. Usai Jack Ma tiarap, Vicky Zhao lenyap dari internet, yang terbaru adalah penangguhan akun-akun fan base K-POP termasuk BTS dan Blackpink.

Weibo mengumumkan telah menangguhkan 21 akun fan base K-Pop. Yang kena penangguhan selama 30 hari adalah akun fans Blackpink, BTS, EXO sampai IU.

Sepak terjang China memberangus dunia hiburan ini rupanya adalah arahan langsung dari Badan Cyberspace China (Cyberspace Administration of China / CAC). Dilihat detikINET dari situs resmi CAC, Selasa (7/9/2021) ada aturan baru sejak 27 Agustus 2021.

Aturan itu bertajuk Notice on Further Strengthening the Control of Chaos in the "Rice Circle". Isinya adalah 10 aturan untuk menertibkan internet di China terkait dengan dunia hiburan.

Inilah 10 aturan keras Badan Cyberspace China:

  1. Membatalkan daftar ranking artis
    Semua daftar peringkat artis selebriti dibatalkan. Daftar peringkat musik, film, TV masih diperbolehkan tapi identifikasi terhadap nama artis tidak diperbolehkan.
  2. Optimasi dan penyesuaian aturan ranking
    Untuk ranking musik, film, TV dll, penilaian lewat like dan comment dikurangi. Tidak boleh ada fungsi paid check in dan sejenisnya. Fans harus memperhatikan kualitas budaya dan mengurangi popularitas fans.
  3. Mengatur manajemen artis dengan ketat
    Menguatkan tanggung jawab perusahaan manajemen artis di website atau online, mengatur jelas masalah konten, promosi, humas dan manajemen fans. Informasi terkait selebriti dikurangi.
  4. Standardisasi akun grup fans
    Akun fan base harus mendapat izin pihak manajemen artis. Akun perorangan/orgainasi tidak berizin, tidak boleh bergabung ke akun fans base selebriti.
  5. Melarang perilaku negatif fans
    Membersihkan grup fans yang melakukan penghinaan verbal, perang stigma, rumor dan opini yang mengompori. Website dan platform yang gagal melakukan itu akan dihukum berat
  6. Membersihkan grup ilegal
    Komunitas fans yang membahas galang dana, dukungan, investasi, review, gosip, breaking news akan dibubarkan. Grup fans yang membahas skandal artis, ranking dan kumpul-kumpul akan ditutup. Grup fans yang nakal atau berpotensi masalah akan diblok.
  7. Tidak boleh mendorong konsumerisme
    Data belanja fans tidak boleh tampil di link jualan, tidak boleh ada peringkat barang yang laku dibeli fans, termasuk tidak boleh ada kegiatan marketing yang mendorong fans berbelanja.
  8. Acara kontes online diperketat
    Acara variety show atau kontes bakat online diperketat. Tidak ada fitur bayar untuk vote dan melarang aturan belanja untuk vote kontestan
  9. Melarang keras anak di bawah umur kecil terlibat
    Anak di bawah umur dilarang voting, dilarang ikut kegiatan fans grup artis atau kumpul online, tidak boleh mengganggu waktu belajar dan istirahat
  10. Mengatur kegiatan galang dana
    Kegiatan galang dana ilegal akan dihapuskan, website dan platform yang melakukannya akan dihukum termasuk yang melibatkan anak-anak. Website galang dana, voting dan ranking di luar China akan diusut dan diinvestigasi.

Hmmm, menurut K-Popers bagaimana dengan 10 aturan tersebut di atas? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya.



Simak Video "Vicky Zhao Online Lagi Usai 'Dilenyapkan' Pemerintah China"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)