Vicky Zhao 'Hilang' Gegara Kedekatan dengan Jack Ma?

Vicky Zhao 'Hilang' Gegara Kedekatan dengan Jack Ma?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 02 Sep 2021 18:10 WIB
Vicky Zhao Instagram
Vicky Zhao dihilangkan pemerintah China. Foto: Instagram/vicki_zhaowei
Beijing -

Vicky Zhao atau Zhao Wei, aktris cantik asal China, dihilangkan eksistensinya dari internet oleh pemerintah Negeri Tirai Bambu. Apakah hal ini berkaitan dengan kedekatannya pada Jack Ma?

Jack Ma sendiri sudah sekitar 10 bulan tidak pernah menampakkan diri pada publik semenjak mengkritik sistem keuangan pemerintah China di Oktober 2020. Nah, Zhao rupanya berinvestasi pada perusahaan Jack Ma.

Selain aktris, Zhao juga seorang pebisnis. Dia membangun kekayaan dengan investasi ke berbagai perusahaan, termasuk di studio film Alibaba Pictures di akhir tahun 2014. Pada 2015, suaminya Huang Youlong juga bermitra bisnis dengan Jack Ma.

Seandainya IPO Ant Group yang didirikan Jack Ma tidak dibatalkan oleh pemerintah China, keluarga Zhao bakal makin kaya. Sebab, ibu Zhao adalah pemegang saham perusahaan private equity yang telah berinvestasi pada Ant di tahun 2016.

Dalam editorialnya, media Global Times menyoroti bisnis Vicky Zhao. "Zhao adalah target gugatan hukum yang didaftarkan oleh 67 investor yang meminta kompensasi terhadap akuisisi bermasalah di 2016, dia dan suaminya dicekal dari bursa saham selama 5 tahun karena pelanggaran di 2017," sebut Global Times yang adalah corong pemerintah China.

Di sisi lain, pemerintah China di bawah pemerintahan Xi Jinping ingin menangkal budaya pemujaan pada selebriti. Selain itu, orang-orang super kaya memang diincar karena kemakmuran harus diratakan sehingga mereka diharapkan menyumbang lebih banyak untuk masyarakat.

Lembaga anti korupsi Central Commission for Discipline Inspection (CCDI) menyatakan akan terus merazia selebritis China yang tingkahnya dianggap kurang baik, misalnya melakukan pelanggaran pajak, aksi seksual atau aktivitas kriminal lainnya.

"CDC juga mengincar praktik yang membuat para bintang punya trafik online yang tinggi, karena menghasilkan bayaran besar pada selebriti yang punya pengikut banyak tapi bakat aktingnya terbatas," sebut Screendaily yang dikutip detikINET, Kamis (2/9/2021).

Vicky Zhao sendiri jelas punya akting yang berkualitas. Namun mungkin ketenarannya dan masalah yang membelitnya di bidang bisnis membuat pemerintah China bertindak.



Simak Video "Vicky Zhao Online Lagi Usai 'Dilenyapkan' Pemerintah China"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)