Semarak Penutupan Olimpiade Tokyo Hingga Luar Angkasa

Semarak Penutupan Olimpiade Tokyo Hingga Luar Angkasa

Tim - detikInet
Minggu, 08 Agu 2021 18:15 WIB
LONDON - JULY 12: General views of the Olympic Village at the Olympic Park on July 12, 2012 in London, England. (Photo by Scott Heavey/Getty Images)
Foto: Getty Images/Scott Heavey
Jakarta -

Kemeriahan penutupan Olimpiade Tokyo 2020 sampai ke luar angkasa, lewat astronaut yang berada di International Space Station (ISS).

Akun resmi Olimpiade di Twitter memposting sebuah video serah terima dari Akihiki Hoshide, astronaut dari Jepang, yang secara simbolis menyerahkan bendera Olimpiade kepada Thomas Pesquet, seorang astronaut dari Prancis.

Setelah Tokyo, Olimpiade selanjutnya akan dilakukan di Prancis pada 2024 mendatang. Usai serah terima, ada adegan menarik yang mengakhiri video tersebut, yaitu Hoshide dan Pesquet sama-sama 'terbang' ke luar dari frame video dan membiarkan bendera olimpiadenya melayang.

Hoshide adalah Commander dari ISS yang sudah menjadi astronaut sejak 1999. Ini adalah perjalanan Hoshide ke luar angkasa yang ke-3. Sementara Pesquet adalah Flight Engineer di ISS, yang juga sebelumnya pernah menjadi pilot untuk Air France, di mana ia menerbangkan Airbus A320S.

Olimpiade 2020 yang digelar di Tokyo, Jepang, dan upacara penutupannya saat ini sedang berlangsung. Dalam gelaran olah raga empat tahunan ini, Indonesia berada di posisi ke-55, dengan satu medali emas, satu perak, dan tiga perunggu.

Olimpiade Tokyo 2020 ini juga tercatat sebagai Olimpiade paling digital sepanjang sejarah.

Diberitakan Nikkei Asia, seperti dilihat Kamis (5/8/2021) penonton siaran pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 turun 36% dibandingkan Olimpiade Rio tahun 2016. Namun bukan artinya olimpiade ditinggalkan penontonnya.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) justru menemukan data menarik bahwa terjadi perubahan cara warga dunia menonton olimpiade.

IOC mengatakan website dan aplikasi Olimpiade tembus 50 juta sejak pembukaan. Ini naik 2 kali lipat dari Olimpiade Rio 2016. Aktivitas media sosial terkait Olimpiade sudah menghasilkan 2 miliar postingan di minggu pertama.

Video TikTok soal olimpiade mencapa 1,4 miliar view. Instagram olimpiade naik 12 kali lipat dan menambah jutaan follower.

"Ada keterikatan kuat dengan kaum muda di dunia," kata CEO Olympic Broadcasting Services, Yiannis Exarchos.



Simak Video "Yang Bisa Dinantikan di Upacara Penutupan Olimpiade Tokyo 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)