Apple Kirim Surat Peringatan untuk Pembocor iPhone Asal China

Apple Kirim Surat Peringatan untuk Pembocor iPhone Asal China

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 28 Jun 2021 06:45 WIB
iPhone 12 Ungu
Apple Kirim Surat Peringatan untuk Pembocor iPhone Asal China Foto: dok Sina Mobile
Jakarta -

Sebagai salah satu ponsel yang paling dinanti, wajar jika setiap tahunnya ada bocoran iPhone yang beredar jauh sebelum peluncurannya. Tapi Apple tampaknya sudah mulai gerah melihat aksi leaker yang membocorkan iPhone sebelum waktunya.

Leaker asal China yang dikenal dengan nama Kang baru-baru ini mendapatkan surat peringatan dari firma hukum yang mewakili Apple. Tidak hanya Kang, beberapa leaker lain juga mendapatkan peringatan serupa.

Kang termasuk salah satu pembocor rumor iPhone teratas di daftar AppleTrack, situs yang mencoba membandingkan akurasi rumor yang dibagikan oleh leaker. Ia berada di peringkat pertama dengan akurasi 97,1%.

Dalam beberapa tahun terakhir Kang berhasil memberikan bocoran tentang produk dan software Apple yang sebagian besar akurat. Sebelum iPhone 12 diluncurkan, ia sudah mengunggah informasi tentang harga, warna dan jadwal peluncurannya terlebih dahulu.

Selain iPhone 12, Kang juga membagikan informasi akurat tentang iPhone SE 2020, Apple Watch SE, Apple Watch Series 6, iPad 8, iPad Air 4, dan HomePod mini sebelum diluncurkan, seperti dikutip dari The Verge, Senin (28/6/2021).

Dalam postingannya di media sosial Weibo, Kang mengatakan ia diperingatkan untuk tidak lagi membagikan bocoran tentang produk Apple karena dikhawatirkan akan dimanfaatkan oleh kompetitor, atau menyesatkan konsumen jika bocorannya ternyata tidak akurat.

Surat itu juga berisi screenshot dari halaman Weibo Kang sebagai barang bukti, yang tidak hanya mencakup informasi bocoran tapi juga unggahan lain seperti keluhannya terhadap produk Apple.

Kang mengklaim ia tidak pernah menandatangani perjanjian kerahasiaan (NDA), merilis foto rahasia, atau mengambil untung dari informasi yang dibagikan. Ia pun memperingatkan leaker dan blogger lainnya untuk berhati-hati membagikan rumor produk terbaru ke publik.

Ini bukan pertama kalinya Apple mengirimkan peringatan untuk leaker iPhone. Leaker dan kreator konten Ben Geskin mengaku menerima peringatan yang sama tahun lalu.

Untuk saat ini, Kang mengaku tidak akan membagikan bocoran atau teka-teki tentang calon produk baru Apple. Ia juga mengindikasikan akan menghapus beberapa postingannya dan harus lebih berhati-hati saat membicarakan Apple di media sosial.



Simak Video "iPhone 13 Diejek Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)