Apple Pamer Perlindungan Privasi Lewat Iklan Terbaru

Apple Pamer Perlindungan Privasi Lewat Iklan Terbaru

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 21 Mei 2021 22:06 WIB
iPhone 12 Pro Max
Foto: Dok. Apple
Jakarta -

Apple merilis iklan dalam bentuk video baru yang menjelaskan tentang perlindungan privasi, tepatnya fitur App Tracking Transparency (ATT) yang ada di pembaruan iOS 14.5.

Dalam video tersebut, digambarkan seorang pria bernama Felix yang tengah membeli kopi. Setelah mendapatkan kopinya, ia mulai diikuti oleh orang lain, seperti baristanya, yang kemudian memberikan informasi tanggal lahirnya ke supir layanan ridesharing.

Kemudian layanan ridesharing yang dipakai itu pun diikuti oleh beberapa orang lain. Saat Felix masuk ke kantor institusi finansial dan membaca sebuah dokumen, tiba-tiba dokumen itu pun diambil dan dibaca oleh orang lain.

'Pengikut' Felix menjadi semakin ramai saat ia masuk ke dalam sebuah apotek, di mana ia diikuti oleh orang berjumlah sangat banyak, sampai-sampai ia sulit bergerak, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (21/5/2021).

Namun akhirnya ia menemukan solusi agar tak diikuti oleh orang-orang itu. Solusinya muncul saat ia melihat layar iPhone 12-nya, dan ada fitur ATT di aplikasi bernama Pal About. Ia memilih opsi 'Ask App Not to Track', dan orang-orang yang di sekitarnya pun mulai menghilang satu demi satu.

Sebagai penutup video, Apple menuliskan pesan 'Choose who tracks your information. And who doesn't'. Tagline iklannya sendiri adalah 'Privacy. That's iPhone'.

Fitur ATT yang dipamerkan Apple di iklan ini mulai bukan perlindungan privasi pertama yang diperkenalkan Apple. Pada 2020 lalu mereka memberikan fitur App Privacy Labels untuk aplikasi yang ada di App Store.

Label tersebut memperlihatkan data apa saja yang diambil oleh aplikasi, lalu dipilah data yang terhubung dengan pengguna dan yang tidak terhubung.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "MacBook Pro Terbaru Dipersenjatai M1 Pro dan M1 Max, Apa Bedanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)