Bill Gates Cerai Bikin Geger Warga China

Bill Gates Cerai Bikin Geger Warga China

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 07 Mei 2021 08:45 WIB
Bill Gates Jack Ma
Bill Gates bertemu Jack Ma di China. Foto: Getty Images
Beijing -

Bill Gates cerai dengan Melinda memang bikin heboh banyak orang. Di China, kabar perceraian sang pendiri Microsoft yang selalu tampak harmonis dengan sang istri itu benar-benar menghebohkan.

Bill Gates memang sangat populer di Negeri Tirai Bambu. Hashtag Bill Gates cerai di media sosial Weibo, meraup lebih dari 830 juta views dan 66 ribu diskusi. Itu jauh melebihi pembahasan perceraian Jeff Bezos pada tahun 2019 silam.

Dikutip detikINET dari CNN, para netizen China mendiskusikan segala macam hal tentang Bill Gates dan Melinda, dari pembagian harta gono gini sampai bagaimana nasib yayasan amalnya. Banyak komentar bernada pujian dialamatkan.

"Anda dan Melinda membuat kontribusi besar ke banyak orang di seluruh dunia. Walaupun Anda tidak lagi berpegangan tangan di kehidupan masa depan, saya harap yayasan Anda bisa terus ada dan membantu lebih banyak orang," tulis seorang netizen di Weibo mengenai Bill Gates cerai.

Popularitas Bill Gates tak lepas dari banyaknya warga China yang memakai produk Microsoft, khususnya Windows. Tak seperti berbagai produk teknologi lain asal Amerika Serikat, Microsoft tidak diblokir oleh pemerintah China.

Selain Windows, media sosial LinkedIn diizinkan beroperasi di China, padahal Facebook kena blokir. Demikian pula mesin cari Bing beroperasi di sana sedangkan Google sudah cukup lama dicekal.

Di Weibo, Bill Gates punya lebih dari 4,1 juta pengikut, jauh melebihi pentolan teknologi lain. Elon Musk misalnya 'hanya' punya 1,7 juta pengikut dan CEO Apple, Tim Cook, pengikutnya 1,4 juta.

Adapun yayasan Bill and Melinda Gates Foundation membuka kantor di Beijing pada tahun 2007. Sejak itulah, mereka bekerja sama dengan pemerintah China dalam menanggulangi persoalan kesehatan sampai kemiskinan di negeri itu.

Bill Gates sendiri sudah mengunjungi China belasan kali dan punya hubungan baik dengan para pemimpinnya. Tahun 1990-an ketika China baru memulai industri teknologinya, Bill Gates berjanji Microsoft akan memberi bantuan. Tahun 2018, Partai Komunis China menyebut Bill Gates adalah sobat lama bagi warga China. Tak heran jika banyak yang bersedih Bill Gates cerai.



Simak Video "Terkuak! Melinda Ingin Ceraikan Bill Gates Sejak 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)