Shopee Affiliates, Peluang Tambah Cuan buat Konten Kreator

Shopee Affiliates, Peluang Tambah Cuan buat Konten Kreator

Jihaan Khoirunnisaa - detikInet
Senin, 26 Apr 2021 20:30 WIB
Shopee
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Shopee Indonesia menghadirkan program Shopee Affiliates bagi masyarakat yang aktif bermain media sosial (medsos), seperti YouTube, Instagram, dan TikTok, serta ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Dengan Shopee Affiliates pengguna bisa memanfaatkan platform digital untuk mempromosikan produk-produk Shopee. Nantinya, pengguna yang tergabung di dalam program akan mendapatkan komisi hingga 10 persen untuk setiap pembelian yang memenuhi syarat.

Seperti halnya yang dilakukan Carlene Mutiara Feby. Carlene merupakan salah satu pengguna yang telah bergabung dalam Shopee Affiliates sejak program ini diluncurkan. Carlene mengatakan dirinya memang aktif dalam bersosial media, khususnya di platform TikTok.

Dia menyebut akun TikToknya yang bernama @carlenedoraa saat ini telah memiliki 316.700 Followers dan 11.400.000 Likes. Diungkapkan Carlene, awalnya dia menjadi bagian dari Shopee Affiliates karena ingin bisa menghasilkan uang dari kegiatan iseng di media sosial.

"Awalnya aku iseng aktif bersosial media di TikTok, alasannya karena untuk mengisi waktu luang. Lalu aku dapat informasi mengenai Shopee Affiliates, langsung aku putar otak bagaimana caranya kegiatan iseng di sosial media ini bisa menghasilkan uang. Sejak aku bergabung di program Shopee Affiliates, aku rajin mengunggah konten promosi barang yang bisa dibeli di Shopee," ujar Carlene dalam keterangan tertulis, Senin (26/4/2021).

Menurutnya untuk membuat konten promosi yang menarik di TikTok tidaklah mudah. Sebab, sebuah konten harus kreatif dan memiliki nilai pembeda supaya bisa menarik perhatian netizen untuk membeli produk yang dipromosikan.

"Konten yang aku buat juga harus kreatif dan berbeda, sehingga bisa menarik netizen lain untuk mengklik dan membeli produk yang dipromosikan," terangnya.

Carlene mengatakan sejak bergabung di Shopee Affiliates, dirinya bisa mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah setiap minggu. Carlene mengaku bersyukur karena dari penghasilan tersebut dia bisa membeli rumah secara tunai.

"Selama bergabung di Shopee Affiliates, setiap minggunya aku bisa menghasilkan jutaan rupiah, bahkan aku sudah bisa menghasilkan ratusan juta rupiah dalam dua bulan. Aku sangat bersyukur dari hasil kerja ku bersama Shopee Affiliates, dana yang dihasilkan bisa untuk membeli rumah secara tunai. Terima kasih Shopee," terangnya.

Cerita sukses lain berasal dari salah satu YouTuber yang juga bagian dari program Shopee Affiliates, Jemima Livia. Jemima merupakan seorang beautyvlogger yang kini memiliki 458.000 subscribers di YouTube.

Hingga saat ini, Jemima telah mengunggah puluhan video dengan konten kreatif dan menarik serta membagikan link produk yang dipromosikan melalui YouTube. Jemima mengaku tak menyangka karena melalui Shopee Affiliates satu per satu mimpinya bisa terwujud, mulai dari membeli handphone hingga mobil baru.

"Aku gak pernah menyangka semenjak bergabung menjadi bagian dari Shopee Affiliates, mimpiku

satu persatu tercapai dalam hitungan bulan. Mulai dari membeli barang elektronik seperti handphone baru, hingga mobil baru juga dapat dibeli dari hasil bergabung bersama Shopee Affiliates," tuturnya.

Jemima menyampaikan rasa terima kasih atas peluang yang diberikan Shopee kepada para kreator konten di Indonesia. Menurutnya, Shopee Affiliates tidak hanya mempromosikan produk favorit, tapi juga membantu menyebarkan informasi seputar diskon dan promo bagi masyarakat, seperti promo Big Ramadan Sale.

"Sehingga melalui unggahan kontenku, banyak pihak yang dapat diuntungkan, salah satunya pengguna Shopee yang hendak berbelanja. Harapanku ke depannya semoga akan ada lebih banyak kreator yang bergabung di program ini, sehingga terus mendukung kreativitas anak muda untuk menjadi lebih baik lagi," pungkasnya.

Sebagai informasi, Shopee Affiliates merupakan program yang diperuntukkan bagi content creator dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  • Youtube : memiliki minimum 8.000 subscriber
  • Instagram : memiliki 5.000 followers
  • Tiktok : memiliki 5.000 followers
  • Twitter : memiliki 10.000 followers
  • Facebook : memiliki 1.000 followers (pages dan groups)

Shopee juga memiliki program Shopee Share yang serupa dengan Shopee Affiliates. Bedanya program ini terbuka bagi siapa saja tanpa harus terbatas pada angka followers atau subscriber tertentu.

Bagi yang ingin mendaftar untuk menjadi bagian dari Shopee Affiliates kunjungi shopee.co.id/aff, dan kunjungi https://shopee.co.id/m/shopee-share untuk yang ingin bergabung dalam program Shopee Share.

(akd/fay)