Belanja Persiapan Ramadhan di Pasar Bisa Lewat Whatsapp!

Belanja Persiapan Ramadhan di Pasar Bisa Lewat Whatsapp!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 08 Apr 2021 17:52 WIB
Womens hand typing on mobile smartphone, Live Chat Chatting on application Communication Digital Web and social network Concept. Work from home.
Belanja di pasar bisa dilakukan via WhatsApp (Foto: Getty Images/iStockphoto/oatawa)
Jakarta -

Situasi pandemi membuat sebagian orang tidak berani untuk berpergian keluar rumah. Padahal ke pasar untuk belanja persiapan bulan Ramadhan adalah hal yang wajar. Nah, sekarang jangan khawatir karena belanja di pasar tradisional bisa dilakukan lewat Whatsapp.

"Biasanya saat Ramadhan, pasar di Indonesia lagi sibuk-sibuknya, siapa yang rumahnya dekat pasar pasti melihat sebelum sahur dan buka puasa pasti lagi ramai banyak orang. Bahkan sebelum lebarannya, beli makanan sahur dan untuk berbuka. Dari itu, kami ingin mengadakan Pasar Juara," Esther Samboh Manager Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia mengatakan pada peluncuran program #BulanKebaikan bersama Facebook Indonesia, Kamis (8/4/2021).

Latar belakang tercipta kegiatan ini karena WhatsApp melihat adanya keterbatasan pergerakan masyarakat. Selama pandemi, WhatsApp menyaksikan banyak pedagang pasar kehilangan konsumen dan begitu juga pelanggan mengurangi aktivitas termasuk belanja.

"Dengan ini jadi bisa tetap saling terhubung. Pedagang pasar banyak pakai WhatsApp, kita banyak pakai WhatsApp jadi bisa belanja bahan makanan, baju, di pasar tapi pakai WhatsApp," ujarnya.

WhatsApp bekerjasama dengan UKM di Indonesia dan telah melatih lebih dari 1.000 pedagang pasar agar bisa memakai WhatsApp Business. WhatsApp juga memastikan mereka bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan ini.

Agar informasi ini tersebar dengan luas, WhatsApp menggandeng Alyssa Soebandono untuk memberitahu banyak orang bahwa berbelanja di pasar kini bisa dilakukan menggunakan WhatsApp. Selain itu, mereka juga bekerjasama dengan public figure dari berbagai kota besar di Indonesia seperti Jogja, Bali, hingga Padang.

Untuk Pasar Juara, pengguna WhatsApp bisa memanfaatkan fitur ini untuk berbelanja bumbu masak, souvenir, dan juga makanan ringan. Program ini berjalan di 22 kota dan 15 provinsi di Indonesia, WhatsApp memastikan ini tidak terbatas pada area Jabodetabek saja.



Simak Video "Bupati Purwakarta Wajibkan ASN Tadarus Al-Qur'an Sebelum Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)