YouTuber 18 Juta Subscriber Ini Dituding Terlibat Pemerkosaan

YouTuber 18 Juta Subscriber Ini Dituding Terlibat Pemerkosaan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 27 Mar 2021 08:15 WIB
David Dobrik
Dave Dobrik. Foto: Wikimedia Commons
Jakarta -

Seorang YouTuber tenar dengan lebih dari 18 juta subscriber dituduh terlibat dalam kasus pemerkosaan. Akibatnya, YouTube telah menjatuhkan sanksi sehingga channel YouTuber itu tidak dapat menghasilkan uang.

Namanya David Dobrik yang di YouTube kerap menceritakan kesehariannya bersama teman-temannya ataupun prank berkolaborasi dengan YouTuber lain. David yang berasal dari Amerika Serikat ini dulu juga pernah tenar di platform video Vine.

Seperti dikutip detikINET dari BBC, Sabtu (27/3/2021), seorang wanita menuding salah seorang kolega Dobrik memperkosanya saat melangsungkan rekaman video pada tahun 2018 silam. Dia mengaku dicekoki dengan alkohol padahal kala itu baru berumur 21 tahun sehingga melanggar hukum karena usia minimum boleh minum di AS adalah 22 tahun.

Wanita ini kemudian mabuk dan menyatakan dirinya diperkosa oleh rekan Dobrik. Dobrik sendiri membantah terlibat dalam kejahatan tersebut. "Meskipun klien saya prihatin dengan kelakuan tercela ini, dengan asumsi jika hal itu benar, ia sendiri membantah telah melakukan kesalahan," kata pengacaranya.

Dobrik juga telah minta maaf jika kadang membuat pelecehan seks sebagai candaan. "Saya membahas pelecehan seksual dengan cara negatif dan menjadikannya candaan, saya benar-benar minta maaf," cetus sang YouTuber.

YouTube telah bertindak seiring pengusutan kasus pemerkosaan tersebut. Saat ini, akun YouTube David sudah tidak bisa monetisasi. "Kami menanggapi tuduhan pelecehan seksual dengan sangat serius," demikian pernyataan YouTube.

Selain itu, beberapa perusahaan besar yang bekerja sama iklan dengan sang YouTuber juga telah menghentikan kerja sama mereka, termasuk DoorDash dan produsen game populer Electronic Arts. David juga mengumumkan akan lengser dari posisi direksi aplikasi fotografi Dispo.



Simak Video "Viral Kolaborasi YouTuber Indonesia di 'Rewind Indonesia 2020'"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)