Apple Bakal Luncurkan Mobil Tahun 2024?

Apple Bakal Luncurkan Mobil Tahun 2024?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 22 Des 2020 17:51 WIB
A demonstration of the newly released Apple products is seen following the product launch event at the Steve Jobs Theater in Cupertino, California, U.S. September 12, 2018. REUTERS/Stephen Lam
Apple Bakal Luncurkan Mobil Tahun 2024? Foto: Stephen Lam/Reuters
Jakarta -

Proyek mobil otonom Apple sepertinya masih aktif meski diwarnai dengan PHK dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan raksasa teknologi ini dikabarkan akan meluncurkan mobil pada tahun 2024.

Ambisi Apple untuk memproduksi mobil sudah diketahui sejak tahun 2014 lewat Project Titan. Tapi proyek ini sempat maju mundur setelah Apple mengalihkan fokusnya dari merancang mobil sendiri ke sekedar mengembangkan sistem mobil otonom.

Bahkan pada tahun 2019, produsen iPhone ini memecat 190 orang dari tim pengembangan mobil. Tapi sejak saat itu Apple sepertinya telah mencapai progres yang cukup jauh dan berencana untuk membangun kendaraannya sendiri.

Sumber anonim mengatakan kepada Reuters bahwa strategi utama Apple untuk mobil otonom buatannya adalah desain baterai 'monocell' yang lebih irit tempat dan bisa meningkatkan jarak tempuh kendaraan, seperti dikutip detikINET, Selasa (22/12/2020).

Apple juga mengandalkan mitra pihak ketiga untuk menyediakan komponen teknologi otonomnya, termasuk sensor LiDAR yang membantu mobil otonom untuk memetakan jalan secara tiga dimensi.

Sumber lainnya mengatakan Apple mungkin akan menggunakan beberapa sensor LiDAR untuk memindai jarak yang berbeda. Beberapa sensor yang digunakan mungkin akan mengadopsi sensor LiDAR yang telah dikembangkan Apple.

Belum diketahui siapa yang akan merakit mobil Apple ini, tapi sumber Reuters memperkirakan Apple akan mengandalkan mitra manufaktur untuk merakitnya.

Selain itu masih ada kemungkinan perusahaan yang dinakhodai Tim Cook ini untuk mengecilkan fokusnya hanya untuk mengembangkan sistem berkendara otonom yang digunakan oleh mobil buatan pabrikan tradisional, dan bukan mobil bermerek Apple.

Dua sumber Reuters mengatakan mobil otonom Apple ini kemungkinan akan dirilis pada tahun 2024, tapi penundaan akibat pandemi COVID-19 mungkin akan mengundur jadwal produksi hingga tahun 2025 atau setelahnya.

Laporan Reuters ini datang tidak lama setelah rumor lain mengatakan Apple akan meluncurkan mobil pada kuartal ketiga tahun 2021. Padahal analisis lain, termasuk Ming-Chi Kuo, memperkirakan mobil Apple baru akan diluncurkan antara 2023 dan 2025.



Simak Video "CEO Apple Apresiasi Wisudawan 'Apple Developer Academy' Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)