Siapa Penemu Internet?

Siapa Penemu Internet?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 11 Nov 2020 08:17 WIB
Ilustrasi koneksi internet
Ilustrasi main hp. Foto: shutterstock
Jakarta -

Kehadiran internet mengubah segalanya. Berkat internet kita bisa berkomunikasi dengan banyak orang yang mungkin belum pernah kita temui secara nyata dari belahan dunia yang belum pernah pula kita kunjungi. Hebat bukan? Tapi tahukah kamu siapa penemu internet?

Mengutip History, jauh sebelum teknologi hadir untuk membangun internet, sudah banyak ilmuwan yang mengantisipasi kehadiran jaringan luas yang menghubungkan orang-orang. Nikola Tesla menyebutnya sebagai 'world wireless system' pada awal tahun 1900-an. Kemudian, hadir Paul Otlet dan Vannecvar Bush yang memahami sistem penyimpanan buku dan media yang dapat ditelusuri dan dimekanisasi pada tahun 1930-an dan 1940-an.

Namun, skema praktis pertama untuk internet baru mulai hadir pada 1960-an, ketika J.C.R. Licklider mempopulerkan gagasan 'Jaringan Antargalaksi' komputer. Tak lama kemudian, ilmuwan komputer mengembangkan konsep 'packet switching', sebuah metode untuk mentransmisikan data elektronik secara efektif yang kemudian menjadi salah satu blok bangunan utama internet.

Prototipe internet pertama yang bisa diterapkan ditemukan pada akhir 1960-an dari kreasi Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET). ARPANET menggunakan pengalihan paket untuk memungkinkan banyak komputer berkomunikasi di satu jaringan. Proyek ini awalnya didanai oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Pada tanggal 29 Oktober 1969, ARPANET menyampaikan pesan pertamanya: komunikasi 'node-to-node' dari satu komputer ke komputer lain. Komputer pertama terletak di laboratorium penelitian di UCLA dan yang kedua di Stanford, masing-masing berukuran sebesar rumah kecil. Pesannya adalah 'LOGIN' tetapi tetap saja kurang maksimal dikarenakan komputer Stanford hanya menerima dua huruf pertama pesan tersebut.

Teknologi ini terus berkembang pada tahun 1970-an setelah ilmuwan Robert Kahn dan Vinton Cerf mengembangkan Transmission Control Protocol and Internet Protocol, atau TCP / IP, model komunikasi yang menetapkan standar bagaimana data dapat ditransmisikan antara beberapa jaringan.

ARPANET mengadopsi TCP / IP pada tanggal 1 Januari 1983, dan dari sana para peneliti mulai merakit jaringan-jaringan yang menjadi internet modern yang kita kenal saat ini. Dunia online makin dikenal pada tahun 1990, ketika ilmuwan komputer Tim Berners-Lee menemukan World Wide Web.

Meskipun sering disalahartikan sebagai internet itu sendiri, web sebenarnya hanyalah sarana paling umum untuk mengakses data secara online dalam bentuk situs web dan hyperlink.



Simak Video "Penetrasi Internet Naik di 2020, Ada Hubungannya dengan Covid-19?"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)