Gandeng BMKG, Shopee Buat Fitur Peringatan Dini Bencana di Aplikasi

Gandeng BMKG, Shopee Buat Fitur Peringatan Dini Bencana di Aplikasi

Nurcholis Maarif - detikInet
Kamis, 15 Okt 2020 17:51 WIB
Shopee
Foto: shopee
Jakarta -

Shopee bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membuat fitur peringatan dini bencana di aplikasinya. Fitur yang bakal memberikan push notification tentang peringatan dini bencana buat pengguna Shopee ini bisa mulai digunakan pada 20 Oktober 2020 nanti.

Adapun cara mengaktifkanya, pengguna Shopee cukup mengklik 'Semua Promo' klin banner 'Peringatan Dini Bencana Alam', dan masukkan lokasi sesuai domisili. Lalu klik 'Nyalakan Peringatan' untuk menerima lokasi. Jika ingin berhenti mendapatkan notifikasi, bisa mengklik 'Matikan Peringatan'.

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja menjelaskan sebagai platform yang paling besar di Indonesia, pihaknya melihat kebutuhan masyarakat di Shopee lebih dari sekadar belanja. Lewat peringatan dini ini, pihaknya berharap masyarakat akhir lebih bersiap dan meminimalisir dampak bencana karena adanya peringatan dini secara real time.

"Tahun lalu, ada tak sedikit bencana alam di Indonesia seperti gempa bumi dan tsunami. Ini membuktikan pentingnya peringatan dini untuk meminimalisir bencana alam yang bakal terjadi. Kita punya banyak user, kita bisa membantu BMKG memapping siapa yang terekspos dengan bencana ini dan memberitahukan masyarakat sehingga apa yang harus mereka lakukan," ujarnya dalam Press Conference 11.11 Big Sale secara virtual, Kamis (15/10/2020).

Ia mengatakan peringatan dini ini bisa digunakan pengguna untuk akhirnya mengambil keputusan apa yang akan dilakukan, seperti evakuasi, agar meminimalisir dari dampak bencana yang akan dihadapi. Notifikasi diberikan sesuai dengan domisili yang dipilih pengguna dalam fitur yang disediakan.

Sementara itu, Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhamad Sadly menyambut baik kerja sama ini karena informasi tentang peringatan dini bencana memang sangat dibutuhkan masyarakat. Ia mengapresiasi Shopee yang tak hanya memikirkan sisi komersial saja, tetapi juga terhadap dampak sosial.

"Push notification (tentang peringatan dini) bisa diterima masyarakat dengan cepat, (sehinggai) pengambilan keputusan lebih cepat. Itu lebih efektif misalnya dibanding menunggu petugas yang akan datang. Sangat match kerja sama dengan BMKG," ujarnya.

"Karena kalau mau jujur, bencana hampir tiap hari terjadi di Indonesia. Sehingga aplikasi yang kita kembangkan ini sangat penting untuk masyarakat. Bencana tidak bisa diprediksi, sehingga informasi seakurat mungkin yang diterima masyarakat Indonesia jadi penting," imbuhnya.



Simak Video "Pengalaman Anya Geraldine Pakai Uang Elektronik di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/fay)