Shopee: Lebih Dari 90% Merchant dari UMKM

Shopee: Lebih Dari 90% Merchant dari UMKM

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 21 Sep 2020 17:11 WIB
Shopee
Shopee menyebut lebih dari 90% merchant mereka adalah UMKM (Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto)
Jakarta -

Shopee menuturkan peran UMKM dalam memajukan perekonomian Indonesia ada di tangan para pelaku UMKM, terlebih di masa COVID-19. Mereka sendiri yang jadi saksinya karena 90% dari merchant yang tergabung di Shopee adalah UMKM.

Handika Jahja Direktur Shopee Indonesia mengungkapkan hal ini dalam acara konferensi pers 'Pahlawan Digital UMKM' yang disiarkan di kanal YouTube Kementerian Koperasi dan UKM, Senin (21/9/2020).

"Shopee sendiri bisa dibilang bisnis UMKM, lebih dari 90% merchant kami adalah UMKM. Jadi kalau bicara UMKM, masalah mereka, apa yang bisa kita kembangkan, itu juga makanan sehari-hari Shopee," kata Handika.

Semisi dengan Putri Tanjung yang menjadi penggagas 'Pahlawan Digital UMKM' serta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Shopee sangat membuka adanya kerjasama untuk memajukan UMKM Indonesia.

"Goal-nya satu, kita mau membesarkan UMKM di Indonesia, caranya problem solving. Shopee adalah sebuah sinergi yang bareng-bareng menyelesaikan masalah UMKM. Dengan semua sinergi ini, kita sangat looking forward kerjasama," ucapnya.

Masih menurut Dika, digitalisasi adalah cara yang bisa diwujudkan untuk membangun UMKM naik kelas. Dari yang tadinya tidak paham menjadi paham, dan yang sudah paham menjadi ahli di bidang digital sehingga pemanfaatannya bisa lebih maksimal dalam mengembangkan usaha mereka.

"Digitalisasi bukan non-digital atau digital, ada levelnya, semi-digital, sangat mahir, atau baru-baru mulai. Jadi harus bisa membantu UMKM supaya bisa naik kelas, apakah menyelesaikan masalahnya pertama dengan mencoba online lalu naik ke arah platform besar. Shopee juga ada program ekspor, ini sangat penting," tandasnya.



Simak Video "Pengalaman Anya Geraldine Pakai Uang Elektronik di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)