10 Perusahaan Teknologi yang Jadi Tempat Kerja Idaman

10 Perusahaan Teknologi yang Jadi Tempat Kerja Idaman

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 01 Okt 2020 09:33 WIB
Kantor Google Dublin
10 Perusahaan Teknologi yang Jadi Tempat Kerja Idaman Foto: Office Snapshot
Jakarta -

Situs lowongan kerja Hired baru saja merilis daftar 10 perusahaan teknologi yang menjadi tempat kerja idaman di tahun 2020. Untuk tahun ini, Netflix berhasil menyalip Google sebagai perusahaan teknologi yang paling diidamkan.

Daftar ini dirilis Hired sebagai bagian dari Global Brand Health Report. Mereka mensurvei lebih dari 4.100 pegawai di sektor teknologi pada bulan Agustus tentang apa yang paling penting bagi mereka dalam tawaran pekerjaan dan perusahaan baru.

Dikutip detikINET dari CNBC, sebagian besar perusahaan di peringkat 10 teratas adalah perusahaan yang masih bisa bertahan bahkan sukses di tengah pandemi berkat produk mereka.

Sebut saja Netflix yang berhasil mendapatkan 10 juta pelanggan baru di kuartal kedua tahun 2020 karena semakin banyak orang yang mencari hiburan di rumah kala pandemi.

Perusahaan teknologi yang menghadapi isu soal penanganan pandemi di lingkungannya justru menghilang dari posisi 10 besar tahun ini, termasuk Amazon dan Airbnb.

Perusahaan yang mendukung pegawainya untuk bekerja dari rumah justru mendapat sambutan positif dari responden. Misalnya Twitter yang tahun ini akhirnya berhasil masuk posisi 10 besar yang mungkin didorong oleh pengumuman sang CEO Jack Dorsey bahwa pegawainya boleh bekerja dari rumah selamanya.

Selain itu laporan tersebut juga mengatakan pandangan politik CEO perusahaan mempengaruhi keputusan seseorang untuk menerima tawaran kerja. Faktor ini juga yang mungkin mendorong popularitas Twitter, mengingat Dorsey belakangan ini semakin lugas menyampaikan pandangannya.

Pendatang baru lainnya di posisi 10 besar adalah Gitlab. Perusahaan teknologi pesaing GitHub ini memiliki 1.300 pegawai yang semuanya diperbolehkan kerja dari rumah bahkan sebelum pandemi.

Berikut 10 perusahaan teknologi yang paling banyak diincar pencari kerja berdasarkan hasil survei Hired:

1. Netflix
2. GitHub
3. Google
4. Slack
5. Microsoft
6. Apple
7. SpaceX
8. Tesla
9. Twitter
10. LinkedIn dan Gitlab

Selain perusahaan teknologi, Hired juga mensurvei responden tentang siapa tokoh dan bos teknologi yang paling menginspirasi mereka. Rupanya CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk berada di peringkat pertama, diikuti dengan CEO Alphabet dan Google Sundar Pichai.

Berikut 10 bos teknologi yang paling menginspirasi pegawai di sektor teknologi:

1. Elon Musk (CEO SpaceX dan Tesla)
2. Sundar Pichai (CEO Alphabet dan Google)
3. Jeff Bezos (Pendiri dan CEO Amazon)
4. Tim Cook (CEO Apple)
5. Jack Dorsey (CEO Twitter dan Square)
6. Mark Zuckerberg (Pendiri dan CEO Facebook)
7. Sheryl Sandberg (COO Facebook)
8. Reed Hastings (CEO Netflix)
9. Susan Wojcicki (CEO YouTube)
10. Marc Benioff (CEO Salesforce)



Simak Video "Netflix Raih Pelanggan Baru, Namun Masih Kurang 'Menggigit'"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)