Biden Dituding Curang Pakai Earpiece Saat Debat Trump

Biden Dituding Curang Pakai Earpiece Saat Debat Trump

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 30 Sep 2020 11:09 WIB
Democratic presidential candidate former Vice President Joe Biden ]is seen on a video screen as he participates in a CNN town hall moderated by Anderson Cooper in Moosic, Pa., Thursday, Sept. 17, 2020. (AP Photo/Carolyn Kaster)
Joe Biden. Foto: AP/Carolyn Kaster
Washington -

Kandidat presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden, diserang tudingan liar di media sosial menjelang debat dengan petahana dari Partai Republik, Donald Trump. Biden dituding memakai alat elektronik di telinganya untuk membantunya saat debat.

"Perangkat itu terlihat beberapa saat lalu. Makanya para staf bisa memberi dia jawaban saat debat presiden," tulis sebuah meme yang beredar di Facebook dan ditanggapi cukup banyak netizen.

Katanya, perangkat itu didesain secara khusus untuk dipasang di telinga Biden agar ia bisa didikte jawaban debat. "Fungsi kognitifnya terganggu. Dia memakainya sehingga bisa mengatakan apapun yang diberitahukan padanya. Dia tidak fit untuk menjadi presiden AS," tulis tudingan itu.

Faktanya, tudingan yang sudah muncul seminggu sebelum debat itu tidak benar. Pihak Biden juga membantah mereka menolak pemeriksaan telinga Biden sebelum debat. "Tentu saja dia tidak memakainya. Hal ini benar-benar konyol," cetus mereka.

Tudingan itu disertai foto kampanye Joe Biden beberapa waktu silam di CNN Town Hall di mana bagian telinganya memang agak kurang jelas, mungkin karena faktor cahaya. Ditelusuti lebih lanjut, Biden tidak memakai apa-apa.

Tudingan memakai perangkat elektronik oleh capres semacam ini bukan hal baru. Dahulu, Barack Obama pernah dituding seorang blogger memakai perangkat tersebut. Demikian pula Hillary Clinton pernah mendapat tudingan serupa. Faktanya, semuanya tidak benar.

"Kami simpulkan klaim bahwa Biden memakai perangkat eletronik di telinga sehingga staffnya bisa memberikan jawaban saat kampanye CNN Town Hall adalah salah. Video dari sana mengindikasikan dia tidak memakainya. Tim kampanye Joe Biden juga membantah dia akan memakainya saat debat dengan Trump," tulis USA Today.

Tonton video 'Netizen Minta Mikrofon Donald Trump Dimatikan saat Debat':

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Trump: Saya Melawan Kandidat Terjelek di Sejarah Kepresidenan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)