Microsoft Word Kini Bisa Transkrip Audio Secara Otomatis

Microsoft Word Kini Bisa Transkrip Audio Secara Otomatis

Josina - detikInet
Rabu, 26 Agu 2020 21:18 WIB
NEW YORK, NY - MAY 2: The Microsoft logo is illuminated on a wall during a Microsoft launch event to introduce the new Microsoft Surface laptop and Windows 10 S operating system, May 2, 2017 in New York City. The Windows 10 S operating system is geared toward the education market and is Microsofts answer to Googles Chrome OS. (Photo by Drew Angerer/Getty Images)
Microsoft Word Kini Bisa Transkrip Audio Secara Otomatis. (Foto: Drew Angerer/Getty Images)
Jakarta -

Microsoft telah menambahkan fitur transkripsi audio ke Ms Word yang akan muncul di versi online Word untuk pelanggan Microsoft 365. Fitur ini akan menyediakan cara mudah untuk mentranskrip audio secara otomatis.

Selain didukung kemampuan transkrip, Microsoft Word juga dapat merekam percakapan langsung di dalam Ms Word yang dapat ditranskrip secara otomatis ke dalam bentuk teks.

Setelah percakapan ditranskrip, AI Microsoft akan bekerja dengan memisahkan setiap pembicara dan memecah percakapan menjadi beberapa bagian yang mudah diputar, diedit dan dimasukkan ke dalam dokumen Word.

Transkrip di Word ini juga mendukung audio atau video yang pengguna rekam di ked9a lain dengan ukuran file hingga 200 MB dan dalam format video seperti MP3, WAV, M4A atau Mp4. Waktu pemrosesan pun juga bervariasi.

Dilansir detikINET dari The Verge, mereka telah menjajal fitur tersebut untuk merekam rapat dan hanya beberapa detik sampai transkripsi selesai merekam dalam Word itu sendiri.

microsoft word transkripFitur transkrip di Microsoft Word Foto: Microsoft

Trankripsi ini bekerja dengan menangkap audio apapun dari PC pengguna, artinya pengguna dapat menggunakannya untuk mentranskrip rapat, panggilan, atau bahkan video YouTube.

Word juga akan menangkap audio pengguna sendiri dari mikrofon PC. Fitur ini ditargetkan Microsoft untuk jurnalis yang mencatat wawancara, lalu mahasiswa untuk merekam tugas kuliah, dan siapa saja yang perlu menuliskan rapat dan panggilan dengan mudah.

Pada awalnya fitur transkrip diluncurkan di Word di web, dan berencana akan menghadirkan fitur yang sama ke aplikasi Word untuk perangkat iOS dan Andoird pada akhirnya tahun.

Bahasa Inggris menjadi satu-satunya bahasa yang mendukung fitur transkrip ini, namun mengingat pekerjaan Microsoft di tempat tentang dukungan transkripsi, kemungkinan fitur ini akan segera meluas ke bahasa lain.

Microsoft membatasi transkripsi untuk pelanggan Microsoft 365, yang juga akan dibatasi hingga lima jam setiap bulan untuk audio yang diunggah. Untuk audio yang direkam dalam Word di web, tidak ada batasan transkripsi

Hasilnya hanya 300 menit sebulan, yang merupakan setengah dari 600 menit yang ditawarkan oleh pesaing seperti Otter.ai setiap bulan secara gratis. Otter juga menawarkan antarmuka web serupa untuk merekam panggilan, dan mentranskrip secara real time.

Dalam pengujian The Verge, mereka menemukan bahwa fitur transkrip Microsoft Word menangkap audio dengan kualitas lebih tinggi dibandingkan Otter, membuatnya lebih mudah untuk mendengarkan kembali bagian tertentu dari transkripsi yang perlu diperbaiki.

Microsoft tidak mengompresi audio untuk transkrip, melainkan direkam dalam format WAV dan diunggah langsung ke folder "File yang Ditranskripsikan" di penyimpanan OneDrive pengguna.

Sayangnya fitu transkrip ini hanya di Word di web, dan bukan di versi desktop Word untuk Windows dan macOS. Microsoft tampaknya hanya berfokus pada web dan seluler untuk fitur khusus ini.



Simak Video "Internet Explorer Tak Lagi Hadir di Windows 11"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)