25 Tahun Lalu Ada Antrean di Toko Elektronik, Tapi Bukan untuk Beli iPhone

25 Tahun Lalu Ada Antrean di Toko Elektronik, Tapi Bukan untuk Beli iPhone

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 26 Agu 2020 09:45 WIB
Windows 95
Penjualan perdana Windows 95. Foto: istimewa
Jakarta -

25 tahun lalu, di depan toko elektronik Amerika Seperti CompUSA dan Best Buy ada orang-orang yang mengantre pada tengah malam. Antre mau beli apa sih?

Bukan game Call of Duty, iPod, atau iPhone --yang tentunya memang belum dirilis saat itu --. Mereka mengantre untuk membeli sebuah sistem operasi buatan Microsoft, yaitu Windows 95.

Microsoft merilis Windows 95 pada 24 Agustus 1995, dan itu adalah OS yang memang ditunggu oleh banyak pengguna PC. Bill Gates, pendiri Microsoft, ditemani presenter kondang Jay Leno pada peluncuran itu.

Bisa dibilang itu adalah harinya Microsoft. Ada iklan di TV dengan lagu 'Start Me Up' dari Rolling Stones, lengkap dengan gambar tombol Start yang masih dipakai oleh pengguna Windows sampai saat ini.

[Gambas:Youtube]



Microsoft pun meminta artis Jennifer Aniston dan Matthew Perry untuk membuat acara sitkom berdurasi satu jam mengenai Windows 95. Bermacam cara tersebut sukses membuat OS tersebut sangat populer, penjualan selama lima minggu pertamanya mencapai tujuh juta kopi.

Di luar itu semua, banyak pengguna PC yang sengaja merakit PC baru untuk bisa memaksimalkan Windows 95 barunya. Seperti prosesor Pentium atau 486, hardisk IDE atau SCSI, CD-ROM 2x, sampai sound card Sound Blaster -- semua itu canggih...di zamannya --.

Namun fitur kunci Windows 95 adalah tombol Start, menu, dan taskbar yang membuat penggunanya mudah mencari aplikasi serta bernavigasi di sistem operasi tersebut. Peningkatan fungsi multitasking pun cukup signifikan dibanding Windows 3.1 atau bahkan MS-DOS.

Windows 95 juga adalah sistem operasi pertama yang mendukung nama file panjang (mencapai 250 karakter), yang mungkin untuk 2020 adalah sebuah hal standar. Namun pada masanya, fitur tersebut sangat membantu pengguna dalam menamai dokumen.

Fitur besar lainnya adalah Plug and Play, yaitu fitur yang bisa mendeteksi hardware baru yang dipasang ke dalam PC. Fitur ini sebenarnya masih berada dalam tahap awal, dan saking seringnya bermasalah, sering diplesetkan sebagai 'Plug and Pray'.

Pada OS ini jugalah Microsoft pertama kalinya memperkenalkan ide mereka untuk mensinkronisasikan file antar perangkat, misalnya laptop dan desktop, yaitu lewat fitur 'My Briefcase', yang saat ini di Windows 10 berevolusi menjadi OneDrive.

Masih banyak fitur berguna lain -- bahkan sampai saat ini -- yang pertama dirilis di Windows 95. Seperti profil berbeda untuk pengguna, misalnya untuk PC rumah yang dipakai beberapa orang berbeda.

Mungkin fitur-fitur tersebut tak akan ada, atau tak akan sesempurna saat ini jika Microsoft tak menghadirkannya di Windows 95. Selamat ulang tahun Windows 95.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Beredar Kabar Bill Gates Selingkuh dengan Staf Microsoft"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)