5 Tips Bikin Konten Viral di Medsos - Halaman 2

5 Tips Bikin Konten Viral di Medsos

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 31 Jul 2020 19:11 WIB
People holding mobile phones are silhouetted against a backdrop projected with the Twitter logo in this illustration picture taken in  Warsaw September 27, 2013.   REUTERS/Kacper Pempel/Illustration/File Photo
Foto: Reuters/Kacper Pempel

Rajin Analisa Data

Intuisi memang penting dalam proses membuat konten viral. Namun, jangan hanya mau viral cuma dari satu konten saja. Untuk setiap konten yang dibuat, lihat kembali data penontonnya.

Baik itu Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, atau Youtube, menganalisa data penonton bisa memberikan gambaran soal konten mana yang disukai dan tidak, analisis demografi audience, sampai waktu terbaik untuk posting.

Pantaulah terus dashboard dan analisis data di dalamnya untuk dijadikan basis untuk buat konten selanjutnya! Selanjutnya, anda bisa testing dengan bereksperimen bermacam-macam format dan topik. Lihat hasilnya, dan ulangi anda kamu dapat formula yang tepat.

Konsisten Bikin Konten

Kunci utama untuk bikin konten viral di platform manapun adalah dengan mengunggah foto atau video secara konsisten. Banyak platform media sosial yang mengutamakan keviralan lebih mementingkan kreator ketimbang pengguna.

Konten yang viral adalah konten yang di-share ulang oleh banyak orang. Namun, konten yang punya kesempatan viral, adalah konten dari kreator yang konsisten posting.

Makanya, platform seperti Youtube misalnya memberikan rekomendasi atau kesempatan viral lebih banyak bagi kreator yang bisa selalu upload, terutama dengan ide-ide baru!

Sebagai salah satu sumber inspirasi, ada Cocobit yang sering mengadakan challenge menarik dan inspirasi #SegarBerkonten, seperti video tebak-tebakan receh dan lain sebagainya yang diposting di akun Instagram mereka.

(asj/asj)