Bill Gates Jadi Tokoh Teknologi Favorit Pembaca detikcom - Halaman 3

Bill Gates Jadi Tokoh Teknologi Favorit Pembaca detikcom

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 27 Jul 2020 12:44 WIB
Tokoh Teknologi
Bill Gates Jadi Tokoh Teknologi Favorit Pembaca detikcom (Foto: Istimewa)

5. Tim Cook

Tim Cook Macbook AirTim Cook Macbook Air Foto: Getty Images

CEO Apple Tim Cook berada di posisi kelima tokoh teknologi favorit pilihan pembaca detikcom dengan 6,8% suara. Ini tampaknya lebih karena produk-produk Apple sangat familiar bagi penggunanya di Indonesia.

Tim Cook relatif aman dalam berbagai pemberitaan baru-baru ini. Bisnis Apple terdampak akibat pandemi Corona, banyak tokonya yang tutup, namun penjualan Apple di kuartal I 2020 masih bisa tumbuh positif.

Apple Store jadi incaran penjarahan saat demo rusuh Black Live Matters di Amerika. Sampai-sampai Tim Cook turun gunung ikut bicara dalam forum publik mengenai rasisme.

Untuk urusan cuan, CEO Apple ini berada di posisi kedua dengan total pendapatan sebesar USD 133 juta di tahun 2019, yang mencakup gaji tahunan sebesar USD 3 juta. Pendapatannya dikalahkan Elon Musk.

6. Jeff Bezos

Jeff BezosJeff Bezos Foto: Associated Press

Di urutan terakhir tokoh teknologi favorit pilihan pembaca adalah Jeff Bezos dengan 4,44% suara saja. Bezos memang tidak populer untuk pembaca Indonesia. Tapi di Amerika, bos e-commerce Amazon ini terkenal banget.

Jeff Bezos pada kenyataannya adalah orang terkaya di dunia. Amazon bisnisnya meroket di tengah pandemi Virus Corona. Menurut perkiraan Bloomberg, kekayaan bersih CEO Amazon ini naik sebesar USD 13 miliar (sekitar Rp 192 triliun) menjadi USD 189,3 miliar (kira-kira Rp 2.800 triliun).

Bezos hampir 3 kali lebih kaya dari Elon Musk. Bayangkan saja, dalam satu hari dia pernah dapat keuntungan Rp 192 triliun saat pandemi. Ini hampir setara dengan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Selandia Baru.

Ia sempat dikritik karena mendorong pegawai-pegawainya tetap bekerja di gudang saat pandemi Corona. Nyaris 600 karyawan Amazon positif COVID-19, para kurir Amazon pun akhirnya dapat bantuan Corona dari pemerintah AS.

(fay/fyk)