Bill Gates Jadi Tokoh Teknologi Favorit Pembaca detikcom

Bill Gates Jadi Tokoh Teknologi Favorit Pembaca detikcom

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 27 Jul 2020 12:44 WIB
Tokoh Teknologi
Bill Gates Jadi Tokoh Teknologi Favorit Pembaca detikcom (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Ada sejumlah tokoh teknologi paling berpengaruh di dunia dan sampai mempengaruhi kehidupan manusia. Bill Gates menjadi yang paling favorit.

detikINET sepanjang minggu kemarin menggelar polling tentang siapa tokoh teknologi paling favorit pilihan pembaca. Ada 6 tokoh yang menjadi kandidat yaitu Bill Gates, Mark Zuckerberg, Jeff Bezos, Tim Cook, Elon Musk dan Jack Ma.

Polling ini berakhir pada Minggu 26 Juli 2020 malam dan diikuti oleh ratusan responden. Dilihat pada Senin (27/7/2020) inilah urutan tokoh teknologi paling favorit pilihan pembaca detikcom:

Polling Tokoh Teknologi Favorit Pembaca Juli 2020Polling Tokoh Teknologi Favorit Pembaca Juli 2020 Foto: (detikcom)

1. Bill Gates (37,28%)

PARIS, FRANCE - JUNE 27:  Bill Gates, the co-Founder of the Microsoft company and and co-Founder of the Bill and Melinda Gates Foundation, delivers a speech during a press conference at the Solidays festival, on June 27, 2014 in Paris, France. Bill Gates visited the 16th edition of the Solidays music festival, dedicated to the fight against AIDS.  (Photo by Thierry Chesnot/Getty Images)Bill Gates (Photo by Thierry Chesnot/Getty Images)

Bill Gates menjadi tokoh teknologi paling favorit pilihan pembaca detikcom dengan 37,28%. Pendiri Microsoft ini memang naik daun belakangan ini.

Bill Gates tidak hanya dikenal sebagai tokoh teknologi, tapi juga sebagai tokoh filantropi. Dia memiliki yayasan Bill and Melinda Gates Foundation yang fokus pada isu kesehatan dunia.

Pria berkaca mata ini semakin menjadi perhatian di tengah pandemi Virus Corona. Bill Gates menggelontorkan uang miliaran rupiah lewat yayasannya untuk mendorong riset vaksin Corona baik lewat Inovio maupun AstraZeneca.

Favorit bukan cuma artinya positif, kontroversi juga menyertai Bill Gates. Sikap pro aktifnya berbuah tudingan dan fitnah macam-macam. Banyak orang percaya Bill Gates berada di balin pandemi Corona, dengan niat licik berjualan vaksin dan mencari untuk tak terkira -- ini adalah teori konspirasi yang sering dibantah Bill Gates di berbagai kesempatan.

2. Elon Musk (25,74%)

Elon Musk founder, CEO, and chief engineer/designer of SpaceX speaks during a news conference after a Falcon 9 SpaceX rocket test flight to demonstrate the capsule's emergency escape system at the Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Fla., Sunday, Jan. 19, 2020. (AP Photo/John Raoux)Elon Musk (AP Photo/John Raoux)

Tokoh teknologi favorit kedua pilihan pembaca adalah Elon Musk dengan 25,74%. Bos Tesla ini adalah sosok yang menjadi media darling, Tony Stark di dunia nyata, dan sekian julukan lain untuknya.

Elon Musk saat ini bisa dibilang tengah di puncak kejayaan. Perhitungan terkini Forbes mengestimasi bos Tesla dan SpaceX itu punya harta di kisaran USD 74 miliar atau lebih dari Rp 1.082 triliun dan jadi orang terkaya kelima di dunia.

Tapi jangan salah, dia mengawali semua itu dengan kesulitan. Tesla dan SpaceX yang dipimpinnya hampir bangkrut dua belas tahun lalu. Padahal semua itu dimodali dari uang hasil menjual PayPal yang diciptakannya.

Kegigihannya membuahkan hasil. Tesla berhasil menjual mobil listrik jauh lebih tinggi dari perkiraan Wall Street, meskipun pandemi Corona melanda. Di kuartal II 2020, Tesla mengapalkan 90.650 unit kendaraan, sedangkan proyeksi Wall Street cuman 20 ribu unit.

SpaceX yang dinakhodai Elon Musk juga sedang mengalami masa-masa kesuksesan. Belum lama ini, mereka berhasil mengantarkan astronaut NASA ke International Space Station menggunakan kapsul Crew Dragon yang dilesatkan roket Falcon 9.