Ekosistem Teknologi Siap Dukung Pembelajaran Jarak Jauh Permanen Hybrid

Ekosistem Teknologi Siap Dukung Pembelajaran Jarak Jauh Permanen Hybrid

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 20 Jul 2020 21:46 WIB
Ilustrasi belajar online
Dukungan Ekosistem Wacana Pembelajaran Jarak Jauh Permanen Hybrid. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mewacanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diterapkan secara permanen dan hybrid. Langkah tersebut didukung ekosistem teknologi Tanah Air.

Startup penyedia belajar online, WeKiddo, satu suara dengan rencana pemerintah dalam melaksanakan PJJ model hybrid dalam dunia pendidikan.

Selain pemanfaatan teknologi yang kian maju, ini juga untuk jadi solusi ketika terjadi hal-hal mendesak atau di luar yang diinginkan, seperti pandemi COVID-19 saat ini. PJJ bisa membuat sekolah dan siswa terbiasa dengan belajar secara online.

"Pembelajaran secara offline atau tatap muka sangat penting dilakukan oleh pihak sekolah, agar guru dapat menilai dan membantu pembangunan karakter dan interaksi sosial pada anak di saat keadaan sudah memungkinkan," jelasnya dalam keterangan tertulisnya.

Ferry menjelaskan, peran teknologi pada dasarnya untuk membantu dan memudahkan proses belajar mengajar, sehingga seharusnya jarak dan waktu tidak lagi menjadi penghalang untuk kegiatan belajar mengajar dalam pembelajaran jarak jauh.

"Esensinya dalam proses belajar mengajar ada beberapa komponen yang tidak bisa tergantikan oleh sistem online. Contohnya adalah pembentukan karakter anak, interaksi sosial dan membangun kepribadian anak," terang Ferry.

Hal itulah yang menurut Ferry tetap diutamakan dan dikolaborasikan dengan sistem belajar online, seperti memberikan dan mengerjakan PR, tugas harian, kuis secara online menggunakan WeKiddo.

"Namun jika sekolah ingin melakukan UTS dan UAS dapat melakukannya secara offline atau online, sedangkan untuk online dapat digunakan untuk ulangan harian. Keuntungan dan kemudahan jika melakukan ujian harian atau kuis secara online di WeKiddo yaitu setelah melakukan ujian/kuis selesai dikerjakan, nilai akan langsung ditabulasi oleh sistem," tambah mahasiswa Binus ini.