Pesaing Uber Luncurkan Layanan Sewa e-Bike

Pesaing Uber Luncurkan Layanan Sewa e-Bike

Rachmatunnisa, Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 01 Jul 2020 22:36 WIB
e-bike
Pesaing Uber Luncurkan Layanan Sewa e-Bike. Foto: Bolt
Jakarta -

Bolt, aplikasi ride-hailing di Eropa, meluncurkan layanan sewa sepeda elektrik. Skema ini memperluas pilihan transportasi Bolt, bahkan ketika pesaingnya Uber justru baru mematikan e-bike dan skuternya.

Startup asal Estonia ini menyebutkan, layanan sewa sepeda listrik sudah tersedia Rabu (1/7/2020), dimulai dari Paris, Prancis sebelum diperluas ketersediaannya ke kota dan negara Eropa lainnya.

Untuk menggunakan layanan ini, pengguna hanya perlu berpindah dari layanan sewa mobil ke sepeda di dalam aplikasi. Kemudian, mereka bisa melakukan scan QR code untuk membuka kunci sepeda yang akan digunakan.

Langkah tersebut menandai investasi signifikan yang dilakukan Bolt pada layanan 'mikromobilitas' yang terpukul akibat pandemi virus Corona. Ini adalah upaya Bolt putar otak untuk pulih dari krisis setelah mengalami penjualan (layanan) anjlok sebesar 75% pada Maret.

"Layanan e-bike kami yang baru juga akan membantu memenuhi permintaan akan moda transportasi individual ramah lingkungan, yang telah mengalami pertumbuhan karena kota-kota di Eropa secara bertahap mulai memasuki fase baru setelah lockdown selama pandemi COVID-19," kata Dmitri Pivovarov, Director of Micromobility Bolt.

"Kami percaya bahwa mikromobilitas harus dapat diakses dengan mudah dan terjangkau, terutama pada saat-saat seperti ini," sambungnya.

Dikutip dari CNBC, Bolt telah berekspansi ke segmen produk baru setelah perubahan namanya di 2019 (dulu bernama Taxify). Perusahaan ini meluncurkan e-skuter pertamanya di Paris pada 2018, kemudian meluncurkan layanan pengiriman makanan di kota asalnya, Tallinn pada Agustus tahun lalu.

Ekspansi Bolt ke area ini terjadi setelah Uber menghancurkan ribuan e-bike dan skuternya yang bernilai jutaan dolar. Hal itu dilakukan setelah pionir layanan ride hailing ini menjual unit bisnis Jump pada startup Lime awal Mei lalu.



Simak Video "Drawing Thomas-Uber Cup 2020: Indonesia Vs Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)