GoCar Dipasang Sekat Pelindung, Masyarakat Apresiasi Inovasi Gojek

GoCar Dipasang Sekat Pelindung, Masyarakat Apresiasi Inovasi Gojek

Abu Ubaidillah - detikInet
Selasa, 09 Jun 2020 19:14 WIB
GoCar
GoCar Dipasang Sekat Pelindung, Masyarakat Apresiasi Inovasi Gojek (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Gojek terus meningkatkan keamanan layanan pelanggan dengan meningkatkan berbagai inovasi pada protokol kesehatan serta standar higienitas agar masyarakat bisa beradaptasi dengan pola hidup baru di tengah pandemi COVID-19.

Fasilitas sekat pelindung yang membatasi pengemudi dan penumpang di layanan GoCar dihadirkan sebagai bagian dari protokol kesehatan baru. Penggunaannya akan diimplementasikan secara bertahap di kota-kota operasional utama di Indonesia.

Menariknya, Gojek tidak akan mengenakan tambahan biaya untuk fasilitas ini. Salah satu karyawan swasta yang juga merupakan pelanggan Gojek, Angga yang pernah mencoba sekat pelindung pun memuji inovasi ini.

"Menurut gue itu merupakan inovasi yang sangat bagus ya, karena selain menerapkan jarak aman selama masa pandemi ini, juga memberikan keamanan dan juga ketenangan buat penumpang selama berada di dalam GoCar," ujar Angga, Selasa (9/6/2020).

Sebelumnya, Gojek juga telah menghadirkan inovasi lain yakni menyediakan fitur informasi status suhu tubuh mitra driver dan kebersihan kendaraan lewat aplikasi. Gojek adalah aplikasi on-demand pertama yang menghadirkan fitur ini agar penumpang tetap merasa aman dan nyaman ketika menggunakan fasilitas transportasi online roda dua atau roda empat, maupun layanan pengantaran makanan dan barang.

"Jadinya kita sebagai penumpang juga perlu tahu dong kesehatan si pengemudi, kalau misalkan sudah tahu status kesehatannya itu udah bikin penumpang tenang sih. Jadi nggak was-was saat harus terpaksa bepergian," sambung Angga.

Senada dengan Angga, Villa yang juga merupakan karyawan di salah satu perusahaan swasta sekaligus pengguna aplikasi Gojek juga menyebut bahwa inovasi sekat pelindung yang diberikan Gojek sangat bagus dan sudah mengikuti peraturan pemerintah. Selain itu, ia juga mengapresiasi inovasi fitur status suhu tubuh pada mitra driver yang menurutnya bermanfaat.

"Sudah cukup bermanfaat dan bagus juga, jadi kita bisa tahu kondisi driver seperti apa saat kita menggunakan layanan tersebut dan kita akan tetap nyaman serta masih dapat membantu mitra Gojek juga," jelasnya.

Selain memberi kenyamanan kepada penumpang, inovasi ini juga dapat membantu para mitra driver untuk tetap bekerja dengan tenang. Informasi yang tersedia merupakan rekaman dari pengecekan suhu tubuh mitra driver dan desinfeksi kendaraan mitra di 130 titik 'Posko Aman Gojek' di 16 kota besar.

Senior Vice President Transport Marketing Gojek, Monita Moerdani menyebut bahwa sejak awal pihaknya sudah mempersiapkan diri untuk menghadirkan standar baru di tengah situasi pandemi.

"Khusus untuk layanan GoCar, berdasarkan data internal Gojek, di tengah pandemi COVID-19 ini layanan GoCar masih tetap dibutuhkan pengguna. Misalnya oleh pekerja pada sektor-sektor yang diizinkan beroperasi selama PSBB, ataupun untuk bepergian ke tempat-tempat yang menjual kebutuhan pokok. Oleh karena itu, fasilitas Sekat Pelindung akan membantu untuk memastikan keamanan dan kesehatan pengguna dan mitra kami dalam menggunakan layanan GoCar," ujar Monita.

Monita menambahkan, pada minggu terakhir Mei 2020, sudah ada 1.000 unit GoCar di Jabodetabek dan Semarang yang telah dilengkapi sekat pelindung. Inisiatif ini juga akan diimplementasikan di Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Makassar, dan Bali secara bertahap.

"Fasilitas ini melengkapi SOP keamanan Gojek yang telah kami terapkan sejak awal pandemi yaitu pembatasan jumlah penumpang, serta mewajibkan penumpang dan mitra driver menggunakan masker selama perjalanan," sambung Monita.

Direktur Angkutan Jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI, Ahmad Yani mengapresiasi apa yang telah dilakukan Gojek untuk meminimalisir resiko penyebaran COVID-19.

"Diharapkan hal ini juga dapat memberikan kenyamanan kepada para pengguna dalam menggunakan transportasi umum. Dan saya kira seharusnya semua operator harus sudah mulai beradaptasi dengan situasi yang kita hadapi saat ini," jelasnya.

Untuk bisa mendapatkan fasilitas sekat pelindung kendaraan, mitra driver bisa mendatangi Posko Aman Gojek sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Sementara untuk penyemprotan desinfektan pada armada GoCar bisa dilakukan setiap hari secara gratis di tempat yang sama.

Gojek secara proaktif telah melakukan berbagai upaya menjaga kesehatan dan keselamatan dengan mewajibkan penumpang serta mitra driver untuk menggunakan masker selama bepergian sejak pemerintah mengumumkan pandemi. Gojek juga akan terus mendistribusikan jutaan masker dan hand sanitizer yang sampai saat ini telah sampai ke 90 kota di seluruh Indonesia.

(prf/fay)