Google Siapkan Rp 12,8 Triliun untuk Lawan Pandemi Corona

Google Siapkan Rp 12,8 Triliun untuk Lawan Pandemi Corona

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 29 Mar 2020 22:31 WIB
Logo Google
Google Siapkan Rp 12,8 Triliun untuk Lawan Pandemi Corona (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Google menyiapkan dana yang sangat besar untuk menghadapi pandemi corona, mencapai USD 800 juta atau sekitar Rp 12,8 triliun. Buat apa saja?

Dana sebesar itu disiapkan Google untuk disumbangkan ke sejumlah sektor, seperti pengobatan, memberi informasi ke publik, dan mendukung kelangsungan bisnis kecil. Mereka pun menggandeng Magid Glove & Safety untuk memproduksi sekitar 2-3 juta masker yang akan disumbangkan ke CDC Foundation.

Google juga akan membantu pemerintah Amerika Serikat, pembuat dan juga distributor dalam memproduksi ventilator, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Minggu (29/3/2020).

Sementara untuk membantu bisnis perusahaan lain, Google mengalokasikan USD 200 juta yang akan diberikan ke institusi finansial serta NGO dan diteruskan ke pelaku bisnis usaha kecil menengah. Selain itu, semua bisnis kecil dengan akun yang aktif selama setahun ke belakang bisa mendapat akses ke kredit Google Ads senilai USD 340 juta.

Sisanya adalah USD 250 juta yang dialokasikan untuk WHO dan berbagai badan pemerintahan lain sebagai bantuan untuk mengiklankan berbagai informasi penting terkait virus corona. Google pun menyiapkan kredit Google Cloud senilai USD 20 juta untuk penggunaan penggunaan kekuatan komputasi remote dalam penelitian virus corona, terutama untuk penelitian penyembuhan dan pemantauan data.

Meski bukan satu-satunya perusahaan teknologi yang menyiapkan sumbangan dana untuk corona, dana yang disiapkan Google ini bisa dibilang sangatlah besar. Namun kontribusi ini jelas sangat dibutuhkan mengingat tingkat infeksi virus corona di AS baru-baru ini melonjak sangat tinggi.



Simak Video "Karyawan Google Akan Ngantor Lagi pada 1 Juni 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)