WhatsApp VS Telegram, Mana yang Kamu Pilih?

WhatsApp VS Telegram, Mana yang Kamu Pilih?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 13 Feb 2020 13:31 WIB
Telegram vs WhatsApp
Telegram vs Whatsapp, kamu pilih yang mana? Foto: Internet
Jakarta -

WhatsApp dan Telegram dua-duanya merupakan aplikasi chat yang paling sering digunakan. Tapi kalau harus memilih salah satu di antaranya, kamu bakal pilih yang mana?

Tentu saja keduanya punya beberapa perbedaan. Dikutip detikINET dari Express, Kamis (13/2/2020), berikut ini adalah perbandingan WhatsApp dan Telegram.

Keunggulan Telegram

Telegram menyodorkan end-to-end encryption dan membuat penggunanya bisa menyetel timer untuk 'self-destruct' alias menghapus pesan secara otomatis dengan waktu yang spesifik.

Pengguna Telegram juga akan mendapatkan notifikasi ketika seseorang melakukan screen shoot. Selain itu, pesan rahasia juga tidak bisa di-forward sehingga tak perlu lagi takut chat bersifat konfidensial tersebar.

Begitu juga untuk urusan pengiriman file, Telegram selangkah lebih unggul karena mampu mengirim hingga 1,5 GB.

Di platform ini juga tersedia banyak jenis bot seperti bot GIF, bot gambar dan bot stiker. Selain itu, penyimpanan cloud Telegram memungkinkan gambar, pesan teks, file media, dan dokumen disimpan di cloud.

Satu lagi nih keunggulan Telegram, detikers. Ketika meminta pertemanan, Telegram tidak mengharuskan kamu memiliki nomor telepon. Masing-masing pengguna memiliki link user name unik yang bisa dibuat sendiri.

WhatsApp VS Telegram, Mana yang Kamu Pilih?