Misteri Tuduhan Putera Mahkota Arab Hack Ponsel Jeff Bezos

Misteri Tuduhan Putera Mahkota Arab Hack Ponsel Jeff Bezos

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 22 Jan 2020 17:19 WIB
Ponsel Jeff Bezos dilaporkan telah diretas. Foto: Reuters
Jakarta -

Putra Mahkota Arab Mohammed bin Salman (MBS) disebut meretas ponsel milik orang terkaya di dunia Jeff Bezos menggunakan pesan WhatsApp. Namun, Arab Saudi telah secara tegas membantah tuduhan tersebut.

Menurut laporan The Guardian, peretasan tersebut terjadi pada Mei 2018. Kala itu Bezos menerima pesan WhatsApp terenkripsi dari nomor yang digunakan sang Putra Mahkota.

Akan tetapi masih banyak pertanyaan mengenai hal tersebut antara lain berikut ini sebagaimana dikutip dari Business Insider:

1. Data apa yang dicuri dari tuduhan hack tersebut?

Sifat data yang diambil dari telepon Bezos tidak diketahui, menurut laporan The Guardian. Sementara itu, sebuah laporan berikutnya dari Financial Times mengutip dari investigasi Bezos sendiri mengenai masalah ini menunjukkan bahwa pelanggaran itu cukup besar dan memungkinkan peretas untuk mengakses puluhan gigabyte.

2. Video apa yang disebut-sebut dikirimkan ke Bezos?

Kemungkinan video yang dikirimkan berisi malware, namun belum diketahui secara pasti apa isi video tersebut. Laporan The Guardian menyebutkan sebuah analis forensik digital mendapati bahwa 'sangat mungkin' telepon genggam Bezos di-hack setelah ia mengklik file video 'terinfeksi' yang dikirimkan kepadanya dari akun WhatsApp MBS.

Misteri Tuduhan Putera Mahkota Arab Hack Ponsel Jeff Bezos
(ask/ask)