Senin, 14 Okt 2019 18:17 WIB

Jokowi: Dunia Telah Berubah!

Adi Fida Rahman - detikInet
Presiden Jokowi. Foto: (Dok Biro Pers Setpres). Presiden Jokowi. Foto: (Dok Biro Pers Setpres).
Jakarta - Dunia telah berubah! Tegas dan lantang Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan itu.

Menurutnya saat ini era analog telah berganti menjadi digital. Dan bahkan teknologi digital pun telah menerobos batasan-batasan.

"Ini membuat komunikasi dan pengiriman informasi sangat cepat dan tanpa kendala jarak dan waktu," ujarnya saat acara peresmian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10/2019).


Presiden Jokowi turut menyoroti munculnya big data analytic dan machine learning yang memudahkan pekerjaan manusia. Data dan informasi dapat dikumpulkan dengan mudah melalui perangkat digital dan internet-of-things (IoT), seperti smartphone, smartwatch dan perangkat pintar lainnya.

"Semuanya mampu mengumpulkan data tanpa pemakainya menyadari bahwa dia sedang menyumbang data-data," ujar Jokowi.

Kondisi itu memunculkan manfaat bermacam-macam. Bagi pemerintah, big data dapat digunakan untuk melakukan telaah kebijakan, Dicontohkan adanya aplikasi, regulasi, teknologi yang bisa menjajaki rencana kebijakan dan menghitung risiko-risikonya


Riset pun bisa dimudahkan. Tapi ini memunculkan kekhawatiran tersendiri, karena semua perilaku bisa ketahuan, tidak hanya individu, bisa sampai satu kabupaten, provinsi dan bahkan negara. Dan semua dapat dilakukan sangat mudah dan real time.

"Jadi tahu orang Indonesia itu sukanya apa, makanannya apa. Sehingga semuanya jadi sangat akurat, hati-hati dengan ini. Jangan sampai data kita, selera pasar dan konsumen diketahui negara lain, sehingga bisa menggerojoki kita dengan produk-produk sesuai dengan selera yang kita inginkan, hati-hati dengan ini," tegasnya.

Simak Video "Cek Layanan BPJS, Jokowi Sidak RSUD Abdul Moeloek"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)