Selasa, 10 Sep 2019 15:02 WIB

Semangat Baja Jack Ma Saat Baru Merintis Alibaba

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 2
Pidato Jack Ma di apartemennya. Foto: Alibaba Pidato Jack Ma di apartemennya. Foto: Alibaba
FOKUS BERITA Jack Ma Resmi Pensiun
Jakarta - Jack Ma pensiun. Dari seseorang yang kerap kurang beruntung dan berasal dari keluarga miskin, kerja keras dan karisma Jack Ma membuatnya berada di puncak keberhasilan. Bakat kepemimpinan dan visi besarnya bisa dilihat pada saat ia merintis Alibaba.

Waktu itu tahun 1999. Dikutip detikINET dari Next Shark, Ma mengumpulkan 17 teman di apartemennya yang cuma punya 1 kamar.

Dia berpidato penuh motivasi agar teman-temannya mau mendukung Alibaba sepenuhnya dengan semangat baja, kerja keras dan pengorbanan. Berikut apa yang dia katakan waktu itu, saat dia masih belum kaya dan terkenal.

"Hari ini, kita di sini untuk mendiskusikan apa yang harus kita lakukan dalam 5 sampai 10 tahun ke depan," kata Ma yang disimak dengan seksama oleh rekan-rekannya.




"Jadi akan menjadi apa Alibaba di masa depan? Aku selalu berkata kompetitor kita bukanlah website domestik, tapi website mancanegara. Kompetitor kita tidak di China melainkan di Silicon Valley di Amerika," kata Ma.

"Jadi pertama-tama kita harus memposisikan Alibaba sebagai website global, tak hanya website domestik. Kedua, kita harus belajar semangat bekerja keras ala Silicon Valley," tambahnya.

"Jika kita hanya bekerja mulai pukul 8 dan pulang jam 5, Alibaba takkan pernah sukses. Jika semangat kita cuma seperti itu, maka kita lakukan hal yang lain saja," tandasnya.

(ke halaman selanjutnya) (fyk/krs)
FOKUS BERITA Jack Ma Resmi Pensiun