Jumat, 02 Agu 2019 08:18 WIB

Bully di Medsos Kok Berani Banget? Mungkin Ini Alasannya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Ilustrasi cyber bullying. Foto: Istock Ilustrasi cyber bullying. Foto: Istock
Jakarta - Sangat mudah untuk meninggalkan komentar di media sosial. Hanya lewat sentuhan jari, tulisan apapun termasuk konten bernada bully bisa terjadi di dalamnya.

Rosalia Sciortino, Associate Professor Institute for Population and Social Research, Mahidol University, Thailand pun tak memungkiri bahwa banyak orang, terutama wanita yang menjadi korban bully di dunia maya.



"Sayangnya kita memang punya standar kecantikan dan itu dijadikan komersil. Perempuan harus putih, tinggi, langsing. Itu bikin perempuan berusaha seperti itu dan akhirnya jadi bullying lagi saat nggak bisa begitu," ujar Sciortino kepada detikINET, Kamis (1/8).

Intinya, banyak sekali permasalahan bully yang bermula hanya dari penampilan fisik yang ada dan herannya si tukang julid di medsos pun terkesan tak berpikir dua kali begitu menuliskan komentar.

Sciortino beranggapan bahwa medsos adalah tempat di mana orang bisa mengaburkan jati dirinya sehingga tak heran banyak yang lebih 'berani' dalam mem-bully orang.

"Anonimitas yang membuat fenomena ini sama dengan geng di mana mereka berani karena satu kelompok, tidak sendiri-sendiri. Dalam internet mereka berani karena memang anonim, kita tidak tahu siapa orang ini," lanjutnya.

Wanita yang merupakan salah satu aktivis perempuan ini pun beranggapan bahwa sebetulnya isu cyber bullying sendiri sudah sepatutnya mendapatkan perhatian lebih lewat pembentukan badan independen yang mengurusi hal tersebut.



"Kita tidak tahu komentar yang user itu buat bernada bullying atau bukan, hoaks atau bukan, karena kita tidak punya badan independen untuk itu. Kita memang secara internasional sudah perlu badan independen yang mengatur cyber bullying ataupun komentar yang menjurus ke arah situ," katanya menyudahi percakapan.

Simak Video "Pelaku Beauty Bullying Mayoritas Wanita, Kok Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/krs)