Sabtu, 11 Mei 2019 03:02 WIB

Round-Up

Facebook Digoyang Kritik, Diminta Lepas WhatsApp & Instagram

Kris Fathoni W - detikInet
Halaman 1 dari 3
Foto: Alexander Koerner/Getty Images Foto: Alexander Koerner/Getty Images
Jakarta - Kritikan dari salah satu pendiri sedang menggoyang Facebook. Chris Hughes, sang pengkritik, khususnya menyoroti kekuasaan Mark Zuckerberg.

Hughes menuliskan kritikan panjangnya tersebut dalam sebuah kolom opini di media New York Times. Ada beberapa hal yang jadi sorotan pria 35 tahun tersebut.




Salah satu yang jadi perhatian utama Hughes adalah kekuasaan Zuckerberg, yang menurutnya saat ini sudah sedemikian besar dan tidak bisa dikendalikan. Tak lain karena ia mengendalikan tiga layanan dengan basis pengguna raksasa yakni Facebook, WhatsApp, dan Instagram.

Maka ia mengusulkan agar Facebook dipecah saja; dengan kata lain memisahkannya dari WhatsApp dan Instagram. Sekadar informasi, Facebook membeli WhatsApp pada 2014, sedangkan Instagram diakuisisi dua tahun sebelumnya.




"Mark adalah orang yang baik. Tapi aku marah bahwa fokus dia soal pertumbuhan membuatnya mengorbankan keamanan dan peradaban demi klik," katanya.

"Pengaruh Mark luar biasa, jauh dibandingkan siapapun di sektor swasta ataupun pemerintahan. Dia mengendalikan 3 platform komunikasi inti, Facebook, Instagram, dan WhatsApp, yang digunakan miliaran orang tiap hari. Kekuatan Mark tidak terkira dan tidaklah Amerika. Inilah waktunya untuk memecah Facebook," tulis Hughes.

Halaman berikutnya: Ambisi Zuckberg

(krs/krs)