Rabu, 14 Nov 2018 19:01 WIB

Bisa Ada Toilet Pintar: Pakai AI, Periksa Tinja untuk Cek Kondisi

Virgina Maulita Putri - detikInet
CEO Micron Technology Sanjay Mehrotra yang mengemukakan soal toilet pintar di masa depan (Foto: Istimewa) CEO Micron Technology Sanjay Mehrotra yang mengemukakan soal toilet pintar di masa depan (Foto: Istimewa)
California - Saat ini makin banyak peralatan rumah tangga yang tehubung ke internet dan disebut sebagai perangkat pintar. Sebut saja televisi pintar, kulkas pintar, lampu pintar, dan masih banyak lagi.

Di masa depan, mungkin bisa pula ada toilet pintar. Setidaknya begitu menurut pandangan CEO Micron Technology Sanjay Mehrotra, saat berbicara di konferensi Techonomy 2018.




Mehrotra mengatakan bahwa di masa depan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) akan hadir di seluruh sudut kehidupan. Termasuk dengan hadirnya toilet pintar yang ditenagai AI.

"Bayangkan toilet pintar di masa depan yang dapat menganalisis kotoran manusia secara real-time," kata Mehrotra seperti dikutip detikINET dari CNET, Rabu (14/11/2018).

Ia mengatakan bahwa dengan memanfaatkan AI untuk memeriksa urine dan tinja, maka penggunanya bisa mengurangi frekuensi mengunjungi dokter. Kondisi tubuh yang sedang turun akan langsung dilaporkan oleh si toilet pintar.

"Kalian tidak perlu mengunjungi dokter setiap enam bulan. Jika tanda-tanda penyakit mulai muncul, kalian bisa memahaminya lebih cepat karena analisis urine dan tinja," jelasnya.




AI sendiri telah dimanfaatkan untuk beberapa inovasi di industri kesehatan. AI yang telah dilatih menggunakan banyak data sampel bisa melakukan hal-hal seperti mendeteksi tanda-tanda diabetes lewat pencitraan retina, serta memproses hasil scan X-ray.


(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed