Rabu, 14 Nov 2018 16:15 WIB

InnoCreativation

Inspiratif! Ini Kisah Giring Nidji Jatuh Bangun Bikin Website

Hilda Meilisa Rinanda - detikInet
Giring Nidji berbagi kisah inspiratif saat jatuh bangun bikin website (Foto: Ari Saputra/detikcom) Giring Nidji berbagi kisah inspiratif saat jatuh bangun bikin website (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Giring Ganesha, atau yang akrab disebut Giring Nidji, mengisahkan jatuh bangunnya saat membangun website. Saat itu, Giring memiliki ide untuk membuat media online berisikan informasi seputar pop culture atau budaya pop.

Menurut Giring, yang paling penting dalam hal ini bukanlah ide. Ia menyebut ide sebagai sesuatu hal yang gratis. Yang membedakan adalah eksekusinya.

"Ide itu gratis, tetapi yang paling penting adalah bagaimana itu dikeluarkan. Idenya ada tetapi eksekusinya itu yang penting," kata Giring saat mengisi InnoCreativation di Grand City Convex Surabaya, Rabu (14/11/2018).




Giring juga mengaku usahanya ini sempat jatuh. Saat itu, dia telah memiliki 10 orang pegawai. Giring mengisahkan saat itu mengaku telah mentok dengan ide webnya. Alhasil web beralamat di www.kincir.com ini pun sepi pengunjung.

"Ketika sebuah ide yang kita pikirkan mentok, kita harus berubah. Kita harus menelan bulat-bulat ego kita," ujar Giring berpesan.

Dari optimismenya itu, kini Giring bisa memetik hasil. Web berisikan anime, film, hingga video game tersebut telah memiliki jutaan pengunjung setiap bulannya.

"Di tahun 2016-2017 kita rujuk lagi menjadi media online khusus untuk penggemar film dan juga penggemar video karena itu yang paling banyak dibaca datanya, cuma dua film sama video game," ungkap Giring.

"Walaupun tidak ada apa-apanya dibanding detikcom, tapi untuk market sharenya memiliki growth yang luar biasa tidak pernah turun, Alhamdulillah selalu naik. Visitor kita bisa 3 jutaan per bulan dan page view kita tiap bulan juga selalu naik," imbuhnya.

Giring menambahkan jika saja saat itu dirinya sudah pasrah menyerah, kemungkinan besar 10 orang karyawannya tersebut telah diberhentikan dari pekerjaan. Namun, karena dia tetap optimistis dan bisa bangkit, pengunjung webnya pun lama kelamaan meningkat.




"Kira-kira saya waktu itu jika pasrah mungkin nasib perusahaan saya mungkin sudah bangkrut dan 10 karyawan saya udah dilepaskan semua. Tapi balik lagi sama si pesimistis selalu melihat kesusahan di setiap kesempatan, (sedangkan) orang yang optimistis selalu melihat kesempatan di balik kesusahan," tutur Giring filosofis.




Tonton juga 'Apa Sih Alasan Dian Sastrowardoyo Tertarik Berbisnis?':

[Gambas:Video 20detik]

(rns/krs)