Selasa, 13 Nov 2018 14:21 WIB

3 Kriteria Pemimpin Hebat Menurut CEO Microsoft

Naela Inaya Hikmatika - detikInet
CEO Microsoft Satya Nadella membeberkan tiga kriteria pemimpin hebat (Foto: detikINET/Reno Hastukrisnapati) CEO Microsoft Satya Nadella membeberkan tiga kriteria pemimpin hebat (Foto: detikINET/Reno Hastukrisnapati)
Jakarta - Satya Nadella gabung ke Microsoft di tahun 1992. Untuk mendapat gelar magister, Nadella yang kuliah di University of Chicago harus bepergian Seattle - Chicago tiap akhir pekan, tanpa meninggalkan pekerjaannya.

Jerih payah Nadella terbukti membuahkan hasil dengan melihat dirinya berada sekarang, menjadi CEO Microsoft. Belum lama ini, dia menyempatkan diri bertandang ke University of Chicago almamaternya dan berbagi ilmu, salah satunya soal kepemimpinan.

Dikutip detikINET dari Quartz, Selasa (12/11/2018), berikut 3 kriteria pemimpin idaman menurut CEO kelahiran India tersebut.




Kriteria No.1: Kemampuan memberi kejelasan di suasana keruh

Menurut Nadella, kriteria pertama ini adalah yang terpenting yang harus dimiliki seorang pemimpin. Untuk memberikan penjelasan dan arahan jika keadaannya mudah dan terkendali, peran pemimpin tidak dibutuhkan.

Tapi, peran pemimpin sangat dibutuhkan dalam menjelaskan dan mengarahkan sesuatu jika keadaan sedang tidak pasti, atau informasi yang ada kurang serta ambigu. Orang-orang yang dapat mengendalikan situasi terburuk tanpa panik adalah pemimpin yang sangat berharga.

"Siapa yang bisa memberi kejelasan pertama tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya, itu adalah hal yang berharga," kata dia.

Kriteria No.2 : Kemampuan menyalurkan energi ke sekitar

Bersamaan dengan arahan yang baik, pemimpin juga harus mampu membangkitkan antusiasme bawahan dalam lingkungan kerjanya. Tidak cukup untuk berfokus pada unit tertentu, tapi juga harus dapat merangkul semuanya unit.

Menyalurkan optimiseme dan menginspirasi kreatifitas serta bersama-sama belajar di saat-saat keadaan baik maupun buruk adalah syarat pemimpin yang baik. Dengan menyalurkan antusiasme dan energi, pemimpin akan memiliki pengikut di mana-mana.

"Pemimpin harus menginspirasi optimisme, kreativitas, berbagi komitmen dan bertumbuh dalam waktu yang baik maupun buruk," katanya.




Kriteria No.3 : Kemampuan untuk berhasil dalam situasi terbatas

Untuk yang ketiga, kriteria ini umum untuk siapa saja, tidak hanya yang ingin menjadi pemimpin ataupun terjun ke dunia bisnis. Yaitu kemampuan untuk memanfaatkan keadaan sekitar yang terbatas untuk bisa berhasil.

Menurut Nadella, kehidupan sendiri sudah banyak masalah. Jadi, jangan mengeluh atau merasa tidak mampu untuk mengendalikan sesuatu hanya karena sedang terjerat dalam situasi yang terbatas atau rumit.

(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed