Kamis, 03 Agu 2017 15:20 WIB

Seram, Dua Robot Facebook Ciptakan Bahasa Sendiri

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi robot. Foto: ZMP Ilustrasi robot. Foto: ZMP
Jakarta - Peneliti di Facebook Artificial Intelligence Research membangun dua buah chatbot dengan kecerdasan buatan dengan tujuan untuk meniru proses negosiasi manusia. Namun robot itu terpaksa mereka matikan, kenapa?

Alice dan Bob, begitu nama kedua chatbot tersebut, menggunakan kecerdasan buatan yang bertujuan untuk belajar bernegosiasi dengan meniru proses jual, beli, dan barter mirip manusia.

Namun ketika Alice dan Bob dipasangkan untuk saling bernegosiasi, keduanya ternyata malah bercakap-cakap dengan bahasanya sendiri. Mereka awalnya memang menggunakan bahasa manusia, namun mereka kemudian mengembangkan bahasanya sendiri.

Kedua bot itu seharusnya belajar untuk bertukar bola, topi, dan buku. Mereka harus memberi nilai untuk setiap obyek, lalu melakukan praktik barter antara keduanya, demikian dikutip detikINET dari Telegraph, Kamis (3/8/2017).

Sayangnya, tim peneliti Facebook tak mensyaratkan kalau pertukaran itu harus dilakukan dengan bahasa inggris. Alhasil proses negosiasi itu pun tak berjalan sebagaimana mestinya dan kedua bot itu terpaksa dimatikan karena manusia tidak dapat memahami apa yang mereka 'bicarakan'.

"Tak ada hadiah untuk menggunakan bahasa inggris. Jadi agen (bot) berpindah dari bahasa yang bisa dimengerti dan menciptakan kode yang hanya dimengerti oleh mereka," ujar Dhruv Batra, peneliti Facebook.

Banyak netizen menanggapi kabar ini dengan ketakutan, bahwa mungkin saja itu adalah awal robot bisa berpikir sendiri. Namun di tahap ini, sepertinya belum ada ancaman yang nyata dari teknologi robot atau kecerdasan buatan. (asj/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed