Rabu, 01 Mar 2017 23:59 WIB

Tokopedia, Bukalapak dan JD.id Berangsur-angsur Pulih

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Setelah cukup lama tidak bisa diakses, tiga situs e-commerce Tokopedia, Bukalapak dan JD.id saat ini berangsur-angsur mulai pulih kembali. Tampaknya pihak situs telah berhasil menangani gangguan yang sempat terjadi.

Pantauan detikINET, ketiga situs bersangkutan sudah mulai bisa diakses. Diketahui kalau ketiganya sempat tidak bisa dikunjungi selama berjam-jam yang kemungkinan menimbulkan kerugian cukup besar.

Sebelumnya, baik Bukalapak dan Tokopedia membenarkan bahwa situsnya tumbang karena adanya permasalahan data center. Kabarnya, baik Tokopedia, Bukalapak dan JD.id menggunakan data center yang dikelola Biznet yang memang sempat bermasalah.

"Sehubungan dengan pernyataan mengenai sistem Bukalapak yang sedang mengalami "system down", Bukalapak ingin menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pengguna," sebut Ibrahim Arief, VP of Engineering Bukalapak dalam keterangan resminya.

"Selain itu, kami ingin memberikan klarifikasi bahwa peristiwa tersebut disebabkan oleh permasalahan listrik yang mati total di data center Bukalapak yang ditangani oleh Biznet," papar dia sembari menambahkan bahwa isu ini tidak terkait masalah sekuriti situs.

Sedangkan William Tanuwijaya, pendiri dan CEO Tokopedia juga menceritakan bahwa permasalahan pada data center merupakan penyebab situs Tokopedia lumpuh.

"Saat ini mitra data center kami yang berada di Indonesia sedang mengalami gangguan," ujar William ketika dihubungi detikINET.

William mengungkapkan Tokopedia bersama mitra data center tersebut tengah berupaya untuk memulihkan situs sehingga dapat diakses kembali dengan lancar. Kini upaya mereka tampaknya sudah berhasil. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed