Pengguna Malas Balas Pesan, LinkedIn Kerahkan Chatbot

Pengguna Malas Balas Pesan, LinkedIn Kerahkan Chatbot

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 23 Sep 2016 13:25 WIB
Foto: ilustrasi
Jakarta - Pengguna LinkedIn yang terlalu sibuk membalas pesan, akan punya bala bantuan. Jejaring sosial profesional tersebut berencana menambahkan chatbot pada messaging di platformnya.

Selain chatbot, LinkedIn juga akan menambahkan news feed yang dipersonalisasi dan recommendations yang menampilkan berbagai kursus pelatihan online.

Sejumlah fitur anyar ini dijanjikan segera hadir, meski LinkedIn tidak menyebutkan perkiraaan waktunya. Yang jelas, CEO LinkedIn Jeff Weiner mengatakan, fitur-fitur ini sudah disiapkan sebelum LinkedIn dicaplok Microsoft senilai USD 26 miliar pada Juni lalu.

"Kami harap bisa menggabungkan teknologi Microsoft, terutama untuk chatbot percakapan atau software yang bisa melanjutkan percakapan, menjawab pertanyaan dan melakukan berbagai tugas seperti membuat reservasi," kata Weiner seperti dikutip dari CBS News, Jumat (23/9/2016).

Chatbot jadi fitur baru yang menarik di dunia teknologi consumer. Sejumlah perusahaan seperti Facebook, Apple dan Google sudah menggunakannya untuk menawarkan layanan berbasis kecerdasan buatan.

Bagaimana dengan LinkedIn? Sebagai langkah pertama, LinkedIn akan memperkenalkan bot yang akan membantu penggunanya membuat jadwal pertemuan dengan pengguna LinkedIn lain, dengan membandingkan kalender, kemudian mengajukan waktu dan tempat yang dirasa cocok dan nyaman bagi pihak yang akan bertemu.

Bot tersebut akan menjadi bagian dari layanan online messaging yang secara bertahap terus dikembangkan LinkedIn untuk memudahkan pengguna berkomunikasi tanpa harus membuka layar baru atau berganti ke email. (rns/ash)