China Blokir 'Mesir' di Internet

China Blokir 'Mesir' di Internet

ADVERTISEMENT

China Blokir 'Mesir' di Internet

- detikInet
Selasa, 01 Feb 2011 11:45 WIB
Jakarta - Pemerintah China memblokir akses untuk kata 'Mesir' di berbagai jejaring sosial dan internet di China. Pengamat internet menyebutkan, aksi ini merefleksikan kekhawatiran China bahwa informasi gejolak di Mesir dapat membangkitkan kerusuhan serupa di negerinya.

Dilansir VOA News dan dikutip detikINET, Selasa (01/02/2011), sebuah contoh saat melakukan pencarian kata 'Mesir' pada portal web China Sina.com, layar komputer menampilkan pesan yang menyebutkan hasil pencarian tidak bisa dimunculkan.

Pegawai Hubungan Masyarakat Sina.com bernama Ma Taotao mengonfirmasikan semua pencarian yang memuat kata 'Mesir' memang diblokir oleh situs yang berfungsi sebagai mikroblogging ini. "Kami tidak membuat keputusan itu, kami hanya mengikuti peraturan dan hukum yang relevan dengan pemerintahan China," ujarnya.

Namun Ma sendiri enggan memaparkan secara rinci dan tidak menyebutkan pemerintah mana yang dia maksudkan bertanggung jawab atas hal ini. Pun dia mengaku tidak tahu berapa lama pembatasan ini diberlakukan.

China memang dikenal sangat ketat mengatur lalu lintas informasi warganya. Sebelumnya pemerintah negeri tirai bambu ini sudah memblokir akses jejaring sosial populer seperti Twitter dan Facebook yang berpusat di Amerika Serikat. Sebagai gantinya, jutaan netter China menggunakan situs mikroblogging lokal untuk layanan jejaring sosial dan pesan instan.

(rns/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT