Pengaturan Privasi Facebook Dijanjikan Lebih Sederhana

Pengaturan Privasi Facebook Dijanjikan Lebih Sederhana

- detikInet
Rabu, 26 Mei 2010 11:49 WIB
Jakarta - Situs jejaring sosial raksasa Facebook akhirnya akan memberikan satu set pengaturan privasi baru untuk semua pengguna. Rencananya aturan baru itu akan dimulai pada hari ini, Rabu (26/5/2010).

Sebelumnya, Facebook menghadapi serbuan kritik atas kelonggaran privasi. Bahkan, beberapa pemilik akun mengancam akan keluar dari situs milik Mark Zuckerberg itu pada 31 Mei, demikian dikutip detikINET dari BBC, Kamis (26/5/2010).

"Saya konfirmasikan bahwa akan ada pengaturan privasi baru yang lebih sederhana," ujar juru bicara perusahaan.

Pada April lalu, Facebook membuka akses untuk situs-situs lain yang ingin mengambil informasi para pemilik akun. Inilah yang menyebabkan banyaknya protes atas kebijakan privasi. Wakil Presiden Facebook, Chris Cox sendiri menggambarkan situasi Facebook beberapa minggu terakhir sebagai sebuah tanda untuk berbenah diri.

Perubahan besar-besaran rencananya akan dilakukan pada Desember mendatang. Yakni saat jaringan sosial mengubah aturan default pada informasi profil.

Facebook sejatinya sudah memiliki pengaturan privasi. Hanya saja pilihannya terlalu rumit, dengan memiliki 50 settingan berbeda dengan 170 pilihan.

(feb/ash)